PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI NaOCl DAN NaOH TERHADAP RENDEMEN XILAN DARI BATANG RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum, Schumach)

RUDY, AL YAQIN (2014) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI NaOCl DAN NaOH TERHADAP RENDEMEN XILAN DARI BATANG RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum, Schumach). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201503111212th_skripsirudy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari April - September 2014 di Laboratorium Teknologi dan Rekayasa Proses Pertanian, Laboratorium Kimia dan Biokimia Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi perlakuan konsentrasi NaOCl dan NaOH terhadap rendemen xilan yang dihasilkan dari batang rumput gajah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan. Faktor A adalah proses delignifikasi menggunakan NaOCl (0,5; 1,0 dan 2,0%). Faktor B adalah proses ekstraksi menggunakan NaOH (10; 15 dan 20%). Analisis bubuk batang rumput gajah meliputi kadar air, serat kasar, dan lignin. Analisis xilan meliputi rendemen xilan, kelarutan xilan, warna xilan dan analisis kualitatif xilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara perlakuan konsentrasi NaOCl dan NaOH tidak berpengaruh nyata terhadap rendemen xilan yang dihasilkan. Rendemen xilan tertinggi terdapat pada perlakuan A2B3 (26,57%). Analisis xilan dengan High Performance Liquid Chromatography (HPLC), kromatogram xilan yang dihasilkan sama dengan Birch Wood Xylan Standard, analisis warna xilan menghasilkan warna coklat muda, xilan yang dihasilkan sangat larut dalam alkali (1% NaOH) dan juga larut dalam air panas dan dingin. Kata Kunci- elephant grass (Pennisetum purpureum, Schumach), xilan, NaOCl, NaOH

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 26 Jun 2016 04:41
Last Modified: 26 Jun 2016 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11587

Actions (login required)

View Item View Item