PEMBANGUNAN APLIKASI PEMESANAN MENU MAKANAN SECARA ONLINE (E-MENU) DENGAN PEMBAYARAN NON-TUNAI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QR-CODE BERBASIS WEB DAN MOBILE PADA CAFE DECO BOCO YATAI

Ferina, Dwi Fitri (2022) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMESANAN MENU MAKANAN SECARA ONLINE (E-MENU) DENGAN PEMBAYARAN NON-TUNAI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QR-CODE BERBASIS WEB DAN MOBILE PADA CAFE DECO BOCO YATAI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (LAPORAN FULL TEXT)
LAPORAN FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Cafe Deco Boco Yatai merupakan salah satu usaha tempat makan yang terletak di Jalan Muhammad Hatta kelurahan Cupak Tangah kecamatan Pauh kota Padang Sumatera Barat yang menyajikan aneka macam masakan khas Jepang. Transaksi pada cafe ini masih menggunakan proses manual atau belum terkomputerisasi, baik dalam proses pemesanan maupun pembayaran sehingga masih banyak ditemukan kendala dalam hal pelayanan kepada pelanggan. Kendala-kendala pada sistem pemesanan yang sedang berjalan antara lain adanya pemesanan rangkap, tidak urutnya pembuatan pesanan akibat bertumpuknya orderan terutama pada saat ramai pengunjung dan kendala pada proses pembayaran antara lain kesalahan dalam penghitungan dan kesulitan dalam pengembalian uang pembayaran dari pelanggan. Untuk mengatasi kendala yang ada, guna meningkatkan pelayanan dari cafe ini, salah satu solusi yang dapat diusulkan yaitu dengan membangun aplikasi e-menu yang akan mengelola pesanan pelanggan. Pada aplikasi ini juga dibangun sistem pembayaran non tunai dengan menggunakan teknologi QR Code untuk pelanggan tetap yang telah mendaftar menjadi member sebelumnya yang berguna untuk mempermudah pembayaran. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall yang terdiri dari tahap requirements analysis and definition,system and software design, serta implementation and unit testing. Aplikasi pemesanan menu di sisi pelanggan berbasis mobile (client) terintegrasi dengan web-admin di pihak cafe untuk mengelola pesanan (server). Aplikasi mobile dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dengan IDE Android Studio. Sementara itu aplikasi web dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam hal pemesanan dan pembayaran yag digunakan untuk melayani pemesanan menu secara langsung di cafe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: E-menu, Cafe, Pembayaran non tunai, QR Code, Mobile, Web.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:06
Last Modified: 25 Oct 2022 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115862

Actions (login required)

View Item View Item