ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KAWASAN PERKEBUNAN TEH PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VI (PERSERO) KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI

RYAN, PERMADI (2014) ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KAWASAN PERKEBUNAN TEH PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VI (PERSERO) KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201503211530st_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata adalah salah satu sektor yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah. Untuk itu segala usaha dalam mengembangkan sektor pariwisata khususnya di Kecamatan Kayu Aro merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan perkebunan teh PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero) Unit Usaha Kayu Aro yang berlokasi di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi kawasan perkebunan teh PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero) Kayu Aro dan mengidentifikasi potensi kawasan perkebunan teh Kayu Aro sebagai lokasi pengembangan agrowisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Persepsi masyarakat dan pengunjung terhadap potensi wisata di Kecamatan Kayu Aro dianalisa dengan menggunakan alat ukur skala sikap Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecamatan Kayu Aro memiliki sumberdaya wisata yang sangat potensial untuk dikembangan ke arah wisata agro. Selain perkebunan teh yang menyimpan daya tarik wisata, Kecamatan Kayu Aro juga didukung oleh faktor lokasi yang strategis. Di samping itu, masyarakat setempat memiliki persepsi yang cukup positif terhadap upaya pengembangan agrowisata di daerahnya. Untuk saran, diharapkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak untuk mengoptimalkan setiap potensi yang dimiliki dalam bentuk pengadaan sarana dan prasarana penunjang wisata, meningkatkan promosi dan pemasaran serta informasi wisata kepada masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 26 Jun 2016 04:29
Last Modified: 26 Jun 2016 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item