PENGARUH PENAMBAHAN SARI BAYAM MERAH TERHADAP KARAKTERISTIK MIE KERING CAMPURAN TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour)

Juliana, Marliza (2022) PENGARUH PENAMBAHAN SARI BAYAM MERAH TERHADAP KARAKTERISTIK MIE KERING CAMPURAN TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL_JULIANA MARLIZA)
SKRIPSI FULL_JULIANA MARLIZA.pdf - Updated Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari bayam merah terhadap karakteristik mie kering campuran tepung terigu dan tepung MOCAF dan mengetahui formulasi penambahan sari bayam merah terbaik terhadap tingkat penerimaan dan kualitas mie kering campuran tepung terigu dan tepung MOCAF. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan yaitu penambahan sari bayam merah 0%, 10%, 12%, 14% dan 16%. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anova yang diikuti dengan uji DNMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari bayam merah berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan, kadar air, kadar abu, protein, karbohidrat, bilangan asam dan warna dan tidak berpengaruh nyata terhadap aroma, rasa dan tekstur. Perlakuan terbaik didapatkan pada perlakuan E (penambahan sari bayam merah 16%) dengan nilai aktivitas antioksidan (59,32%), kadar air (9,11%), kadar abu (2,82%), kadar protein (13,34%), kadar lemak (3,78%), kadar karbohidrat (71,81%), bilangan asam (1,96%), warna (3,45), aroma (3,20), rasa (3,95), dan tekstur (3,60). Kata kunci- aktivitas antioksidan, bayam merah, karakteristik, mie kering, MOCAF

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:59
Last Modified: 25 Oct 2022 03:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115810

Actions (login required)

View Item View Item