Pengaruh Penambahan Bubuk Cassia Vera (Cinnamomum burmanni) Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Organoleptik Food Bar Berbahan Dasar Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) Dan Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.)

FADILA, RAHMAT FIRMANSYAH (2022) Pengaruh Penambahan Bubuk Cassia Vera (Cinnamomum burmanni) Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Organoleptik Food Bar Berbahan Dasar Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) Dan Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Kesimpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT FRF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik fisikokimia food bar Ubi Jalar Ungu dan kacang merah dengan penambahan bubuk cassia vera dan mengetahui formulasi dengan perlakuan yang tepat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga kali ulangan. Analisis data menggunakan Analysis Of Variant (ANOVA) dan hasil yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DNMRT (Duncan’s New Multiple Range Test) pada taraf 5%. Pengamatan yang dilakukan adalah uji kekerasan (hardness), kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein, kadar serat kasar, kadar karbohidrat, aktivitas antioksidan, nilai energi dan uji organoleptik (aroma, rasa, warna dan tekstur). Perlakuan terbaik yang diperoleh pada pemberian bubuk cassia vera sebesar 1,10%. Hasilnya adalah nilai kekerasan food bar sebesar 84,48 N/Cm 2 , kadar air 12,37%, kadar abu 1,45%, kadar lemak 16,78%, kadar protein 12,65%, kadar serat kasar 6,72%, kadar karbohidrat 56,65%, aktivitas antioksidan 52,62% inhibisi, nilai energi 445,60 kkal/100g. Hasil dari uji organoleptik didapatkan aroma 3,95; rasa 4,05; warna 3,75; tekstur 3,55. Kata Kunci: Food bar, Karakteristik, cassia vera, Ubi Jalar Ungu, Kacang Merah, Antioksidan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, M.S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:09
Last Modified: 25 Oct 2022 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115802

Actions (login required)

View Item View Item