GANGGUAN FONOLOGI BAHASA ANAK:

Maria, Susanti (2015) GANGGUAN FONOLOGI BAHASA ANAK:. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502161014th_pdf skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Maria Susanti, 2015 “Gangguan Fonologi Bahasa Anak: Studi Kasus pada Alvin”. Jurusan Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, Padang. Pembimbing I, Dr. Lindawati, M.Hum., dan Pembimbing II, Bahren, S.S., M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa anak yang mengalami gangguan dalam pemerolehan bahasa. Masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Bagaimana kemampuan berbahasa yang diperoleh Alvin terhadap pemerolehan fonologi? (2) Kesalahan apa yang sering muncul terhadap pengucapan bahasa yang dituturkan oleh Alvin? Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini terdapat dalam dua bentuk yakni, khusus dan umum. Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis serta memperluas pengetahuan pembaca pada bidang psikolinguistik, terutama terhadap gangguan berbahasa pada anak. Sedangkan untuk tujuan khusus dalam penelitian ini akan berkaitan dengan rumusan masalah, yakni: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan berbahasa yang diperoleh Alvin terhadap pemerolehan fonologi, (2) Menjelaskan kesalahan yang sering muncul terhadap pengucapan bahasa yang dituturkan oleh Alvin. Metode dan teknik dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data, dan tahap penyajian hasil analsis data. Pada tahap penyediaan data digunakan metode cakap dengan menggunakan teknik pancing sebagai teknik dasarnya, kemudian teknik lanjutannya terdiri dari teknik teknik cakap semuka (CS), teknik rekam dan teknik catat. Pada tahap analisis data digunakan metode padan artikulatoris dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP), dan teknik hubung banding membedakan (HBB) sebagai teknik lanjutannya. Pada tahap penyajian hasil analisis data, digunakan metode formal dan informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) kemampuan dalam pengucapan bunyi dan pemerolehan kosakata oleh anak sangat lemah. (2) dalam mengucapkan bahasa ditemukan beberapa kesalahan fonologi, yaitu penghilangan fonem dan suku kata, pengubahan fonem, penambahan fonem, serta adanya gangguan yang disebabkan oleh kegagapan saat mengujarkan sebuah kata. Kata kunci: bahasa anak, fonologi, gangguan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:09
Last Modified: 28 Jul 2016 02:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

View Item View Item