Analisis Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik (E-money) (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Andalas)”

Ade Rezki, Fadhillah (2015) Analisis Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik (E-money) (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Andalas)”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502160950th_1110523011 ade rizki fadhilah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu alat pembayaran non tunai di Indonesia adalah uang elektronik (e-money). Adapun pengertian e-money yang terdapat pada Kajian Operasional E-money yaitu produk stored-value atau prepaid dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Berdasarkan berita yang ditulis Setiaji, Hidayat di Detik Finance (2014), pada semester I-2014, nilai transaksi dengan uang elektronik tercatat Rp 1,58 triliun atau naik 24,41% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun tujuan dari adanya uang elektronik (e-money) adalah untuk mengurangi peredaran uang kertas sehingga bisa menghemat dana pembuatan uang kertas dan untuk mengurangi peredaran uang palsu di kalangan masyarakat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bank Indonesia (2006), terdapat faktor-faktor yang mendorong atau memotivasi penggunaan alat pembayaran non-tunai di Indonesia. Dilihat dari segi persepsi masyarakat secara umum tentang pembayaran non-tunai, masyarakat menilai bahwa faktor pendorong dan motivasi mereka adalah hal yang berkaitan degan keamanan, kemudahan, kecepatan dan efisiensi Pada

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 26 Jun 2016 03:42
Last Modified: 26 Jun 2016 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11563

Actions (login required)

View Item View Item