Sintesis Dan Karakterisasi Komposit Lapisan Tipis Pati Singkong (Manihot Esculenta Crantz)-Zeolit Untuk Kemasan Buah-Buahan

Helmi, Rida (2022) Sintesis Dan Karakterisasi Komposit Lapisan Tipis Pati Singkong (Manihot Esculenta Crantz)-Zeolit Untuk Kemasan Buah-Buahan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB V (Penutup/Kesimpulan))
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full Text))
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

Zeolit merupakan material anorganik berupa kristal alumino-silikat terhidrat berpori yang tersusun atas tetrahedral [SiO4]4- dan [AlO4]5-. Zeolit memiliki struktur berpori dengan daya serapan yang tinggi, berpotensi sebagai adsorben dalam pembuatan lapisan tipis pati-zeolit (PZ). Tujuan penelitian ini adalah pembentukan lapisan tipis pati singkong dengan zeolit konsentrasi 0%, 10%, 20%, dan 30% sebagai kemasan yang dapat memperpanjang umur simpan buah-buahan. Zeolit diaktivasi dengan NaOH 1 M kemudian dikarakterisasi X-Ray Difraction (XRD). Tujuan aktivasi zeolit untuk menghilangkan uap air yang terdapat dalam pori zeolit sehingga keaktifan zeolit meningkat. Hasil XRD menunjukkan zeolit yang digunakan adalah zeolit klinoptilolit. Sintesis dimulai dengan melarutkan pati dalam akuades, ditambahkan plastisizer gliserol, polivinil alkohol (PVA), dan zeolit. Nilai ketebalan terbesar pada PZ30% yaitu 0,021 mm, sedangkan terkecil pada PZ0% sebesar 0,015 mm. Hasil karakterisasi Fourier Transform Infra Red (FTIR) PZ10%, PZ20%, dan PZ30% menunjukkan interaksi antara pati dengan zeolit pada bilangan gelombang 3000-4000 cm-1 adanya vibrasi ulur -OH dari Si-OH pada zeolit yang tumpang tindih dengan puncak O-H hidroksil pada pati, gliserol dan PVA. Terdapat regangan puncak pada bilangan gelombang 400-an cm-1 yang disebabkan karena vibrasi tekukan Si-O dan Al-O zeolit. Hasil Scanning Electron Microscope (SEM) menunjukkan PZ0% terlihat permukaan yang homogen, halus, dan bergelombang, sedangkan PZ10%, PZ20%, dan PZ30% terlihat permukaan tidak homogen dan kasar. Hasil uji tarik didapatkan semakin besar konsentrasi zeolit, lapisan tipis yang dihasilkan semakin tidak elastis, dimana PZ20% memberikan nilai kuat tarik yang rendah dibandingkan PZ0% dengan nilai kuat tarik yang lebih besar, sehingga PZ20% kurang elastis dibandingkan PZ0%. Berdasarkan hasil pengamatan aplikasi didapatkan lapisan tipis PZ20% dan PZ30% memiliki kemampuan menyerap gas etilen yang lebih bagus dibandingkan buah pisang pada perlakuan tanpa plastik, plastik komersil, PZ0% dan PZ10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:22
Last Modified: 25 Oct 2022 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115618

Actions (login required)

View Item View Item