Implementasi Konsep Pengembangan Produk Berbasis Quality FUnction DEployment (QFD) Studi Kasus Alat Penumbuk Kerupuk Jengkol

Chindy, Mayori Aorora (2022) Implementasi Konsep Pengembangan Produk Berbasis Quality FUnction DEployment (QFD) Studi Kasus Alat Penumbuk Kerupuk Jengkol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Harga kerupuk jengkol yang terus meningkat dan sangat jarang ditemukan penurunan harga walaupun ketersediaan jengkol berlimpah membuat banyak masyarakat indonesia membuat bisnis kerupuk jengkol skala rumahan maupun skala yang lebih besar, pada produski kerupuk jengkol yang terbilang sulit adalah penumbukannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi prioritas kriteria atribut rancang bangun alat penumbuk kerupuk jengkol, mengidentifikasi karakteristik teknis dalam peracangan alat penumbuk kerupuk jengkol sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen, serta membuat real prototype alat. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen adalah quality function deployment (QFD). Pada hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 5 atribut dengan urutan prioritasnya adalah kemudahan pengoperasian dan penegndalian (25,6%), kapasitas produksi besar (25,1%), waktu proses produksi cepat (118,9%), kesesuaian ukuran alat dengan operator (16,8%), aman saat digunakan (13,6%). Terdapat 8 atribut karakteristik teknis yang menjadi prioritas untuk pengembangan alat berdasarkan atribut dari setiap keinginan konsumen dengan urutan sumber penggerak (24,8%), jumlah penumbuk (19,3%), dimensi alat (14,9%), kontrol alat (11,8%), luas bantalan (10,2%), kecepatan penumbukan (8,8%), komponen pelindung (5,3%) dan jenis material (5,1%). dilakukan pengujian pada mesin yang sudah dirancang dengan 5 pengulangan, masing-masing menggunakan 0,2 kg jengkol. Berdasarkan hasil evaluasi kinerja mesin yang dihasilkan didapatkan nilai rata-rata kapasitas ialah 2,8446kg/jam, kebutuhan energi spesifik 0,13007 kW.jam/kg, persentase kerusakan hasil 0%, kadar air 59,092%, waktu penumbukan 0,0675 jam pada 0,2kg jengkol, rendemen 96,5%. Hasil analisis ekonomi mesin didapatkan biaya pokok Rp. 4.004,023/kg. Sedangkan nilai BEP 47 hari kerja dalam setahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing 1
Uncontrolled Keywords: QFD, Penumbuk Jengkol, Rancang bangun alat,Vonmisses
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:35
Last Modified: 25 Oct 2022 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115408

Actions (login required)

View Item View Item