Asimilasi Perkawinan Campuran antara Etnis Tionghoa dan Etnis Minangkabau di Kota Padang (Studi Kasus: Tiga Keluarga Perkawinan Campuran)

Mahnizar Sahrul, Virham (2022) Asimilasi Perkawinan Campuran antara Etnis Tionghoa dan Etnis Minangkabau di Kota Padang (Studi Kasus: Tiga Keluarga Perkawinan Campuran). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover and Abstract)
COVER UPLOAD.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I UPLOAD.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Bab V)
BAB Akhir UPLOAD.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI VIRHAM kelar FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajemukan etnis di Kota Padang diantaranya etnis Minangkabau, Nias, Batak, Tionghoa, Jawa dan lainnya. Hubungan sosial terjalin dalam bentuk interaksi budaya, agama dan sosial. Perkawinan campuran juga salah satu bentuk interaksi sosial yang terjadi di Kota Padang. Hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah perkawinan campuran yang terjadi antara Etnis Tionghoa dengan Etnis Minangkabau. Perbedaan sistem kekerabatan etnis Minangkabau menganut garis keturunan matrilineal dan Etnis Tionghoa menganut garis keturunan patrilineal. Perbedaan tersebut menghilangkan salah satu budaya dari kedua etnis tersebut. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji perkawinan campuran antara Etnis Tionghoa dengan Etnis Minangkabau. Perkawinan campuran sebagai salah satu awal dari terbentuknya asimilasi di Kota Padang, cara penyesuaian diri yang dilakukan oleh pasangan perkawinan campuran menghasilkan asimilasi budaya. Oleh karena itu penelitian ini sendiri bertujuan untuk melihat serta menjabarkan dalam hal apa saja Etnis Tionghoa dan Etnis Minangkabau Kota Padang telah berasimilasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi etnografi, dengan mengunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipatif, studi pustaka dan dokumentasi lain-nya untuk mendukung data-data yang diperoleh dari lapangan. Pemilihan informan menggunakan cara purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Etnis Tionghoa Kota Padang telah berasimilasi dengan Etnis Minangkabau. Asimilasi yang terjadi adalah melalui perkawinan campuran. Asimilasi yang terjadi pada Tionghoa Kota Padang merupakan asimilasi yang alamiah. Asimilasi ini merupakan efek dari interaksi yang terjalin antara Etnis Tionghoa dengan Etnis Minangkabau di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. rer.soz. Nursyirwan Effendi
Uncontrolled Keywords: Asimilasi, Tionghoa, Minangkabau, Perkawinan Campuran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:17
Last Modified: 24 Oct 2022 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115367

Actions (login required)

View Item View Item