Coattail Effcet Prabowo Terhadap Perolehan Suara Partai Gerindra Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kota Padang Panjang

Nov, Firmansyah (2022) Coattail Effcet Prabowo Terhadap Perolehan Suara Partai Gerindra Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Pemilu serentak yaitu pemilu presiden dan pemilu legislatif yang dilaksanakan secara bersamaan untuk pertama kalinya di Indonesia menghadirkan kontestasi politik yang cukup sengit. Satu hal yang menarik pada pemilu serentak 2019 adalah perebutan coattail effect atau yang biasa disebut efek ekor jas dengan memanfaatkan figur dari calon presiden yang populer agar bisa membawa efek suara pula kepada calon anggota legislatif dan partai pendukung pada pemilu legislatif. Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan dan menganalisis coattail effect Prabowo terhadap perolehan suara Partai Gerindra pada Pemilu serentak 2019 di Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini menjelaskan dari indikator pemanfaatan visualisasi APK (Alat Peraga Kampanye), mayoritas caleg dari Partai Gerindra menyadingkan foto mereka dengan foto Prabowo. Selanjutnya, pemanfaatan isu calon Presiden yang sering dimanfaatkan oleh Partai Gerindra baik itu berupa isu positif maupun isu negatif. Selain itu juga ditemukan pemanfaatan isu yang menjadi keunikan masyarakat Sumbar berupa cara mereka dalam memilih pemimpin yang dikenal dengan istilah 3T yaitu Takah, Tageh, Tokoh yang banyak diarahkan ada pada sosok Prabowo. Dari kesemua indikator tersebut mampu dimanfaatkan oleh Partai Gerindra untuk mendapatkan coattail effect dari Prabowo dan berhasil mendapatkan suara yang signifikan sejalan dengan tingginya Prabowo effect di Sumatera Barat khususnya Kota Padang Panjang pada Pemilu serentak 2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Coattail effect, Partai Politik, Pemilu Legislatif
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 24 Oct 2022 08:06
Last Modified: 24 Oct 2022 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115208

Actions (login required)

View Item View Item