DEPORTASI WARGA NEGARA ASING KARENA PENYAKIT MENULAR DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL MENGENAI HAK ASASI MANUSIA DAN HUKUM NASIONAL AMERIKA SERIKAT

Nurul Irfani, Zakiya (2022) DEPORTASI WARGA NEGARA ASING KARENA PENYAKIT MENULAR DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL MENGENAI HAK ASASI MANUSIA DAN HUKUM NASIONAL AMERIKA SERIKAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Bab I Pendahulaun)
Bab I.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Amerika Serikat merupakan salah satu negara besar dengan perekonomian yang maju, oleh karena itu banyak masyarakat internasional dari berbagai negara melakukan imigrasi dengan harapan dapat memperbaiki nasib hidupnya di negara tersebut. Beradanya orang asing di Amerika Serikat dengan berbagai tujuan nya akan membawa dampak yang positif seperti peningkatan devisa negara dan meningkatkan pertukaran informasi dan pertukaran budaya antar negara. Selain pengaruh positif, kedatangan orang asing ke Amerika Serikat juga membawa dampak negatif yang dapat membahayakan kemanan nasional misalnya orang asing yang menderita penyakit menular COVID-19. Dalam hukum internasional maupun hukum nasional, suatu negara memiliki hak untuk menerima, menolak ataupun mengeluarkan warga negara asing yang tidak diinginkanya. Tindakan tersebut disebut dengan tindakan deportasi. Meskipun negara memiliki hak untuk mendeportasi warga negara asing dari wilayah negaranya, tetapi dengan hak yang dimiliki ini negara tidak serta merta dapat mengabaikan hak asasi manusia yang dimiliki oleh warga negara asing tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana tindakan deportasi terhadap warga negara asing karena penyakit menular dalam perspektif hukum internasional mengenai HAM dan hukum nasional Amerika Serikat. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah yuridis normatif yaitu suatu penelitian yang menggunakan kajian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam sudut pandang hukum internasional mengenai HAM dan hukum nasional Amerika Serikat, deportasi terhadap warga negara asing karena penyakit menular seharusnya didahului dengan diberikanya perawatan kesehatan berupa karantina kesehatan dan perawatan lainya yang diperlukan. Oleh karena itu, negara sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam pemenuhan hak asasi manusia, berkewajiban untuk memenuhi hak asasi setiap orang yang ada di wilayah negaranya termasuk warga negara asing yang menderita penyakit menular. Kata kunci : Deportasi Warga Negara Asing, Penyakit Menular.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:54
Last Modified: 20 Oct 2022 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115105

Actions (login required)

View Item View Item