Effect of Jicama (Pachyrhizus erosus) Fiber on Fecal Water Content and Histopathology of Colon in Mice (Mus musculus) Fed with High-Fat Diet

Septalian, Maharani (2022) Effect of Jicama (Pachyrhizus erosus) Fiber on Fecal Water Content and Histopathology of Colon in Mice (Mus musculus) Fed with High-Fat Diet. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Bab 5 (Penutup))
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konsumsi makanan berlemak tinggi dapat meningkatkan permeabilitas jaringan epitel, makanan berlemak tinggi juga berfungsi sebagai penanda terjadinya peradangan di usus besar. Sebaliknya, asupan makanan berserat tinggi dapat menangkal efek negatif makanan tinggi lemak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian serat bengkuang terhadap kadar air dan histopatologi kolon pada mencit yang diberi pakan berlemak tinggi. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan April-Agustus 2021 di laboratorium Fisiologi Hewan, Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Andalas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) empat perlakuan dan enam kali ulangan serta perlakuan dilakukan selama 12 minggu. Perlakuan berupa Pakan Normal (PN), Pakan Berlemak Tinggi (PBT), Pakan Berlemak Tinggi ditambah 10% serat bengkuang, dan Pakan Berlemak Tinggi ditambah 25% serat bengkuang. Kadar air dan histologi kolon di ukur diakhir perlakuan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemberian serat bengkuang sebanyak 25% dapat mengurangi kadar air dalam feses mencit serta meningkatkan ketebalan tunika mukosa dan mengurangi jumlah sel yang mengalami peradangan. Hasil ini mengindikasikan bahwa serat bengkuang 25% berpotensi sebagai salah satu langkah preventif dalam mengurangi efek pakan berlemak tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Putra Santoso
Uncontrolled Keywords: kadar air, kolon, makanan berlemak tinggi, peradangan, serat
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:28
Last Modified: 20 Oct 2022 02:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115076

Actions (login required)

View Item View Item