KLARIFIKASI STATUS TAKSONOMI BEBERAPA JENIS Zingiber Mill. (Zingiberaceae) DI SUMATERA BARAT BERDASARKAN PENANDA INTERNAL TRANSCRIBED SPACER (ITS) DAN MATURASE K GEN (MatK)

Indah, Sukarjo (2022) KLARIFIKASI STATUS TAKSONOMI BEBERAPA JENIS Zingiber Mill. (Zingiberaceae) DI SUMATERA BARAT BERDASARKAN PENANDA INTERNAL TRANSCRIBED SPACER (ITS) DAN MATURASE K GEN (MatK). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (bab I pendahuluan)
bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Bab v kesimpulan)
bab v kesimpulan.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text
TESIS INDAH FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian Chandra, Nurainas, dan Syamsuardi. (2015) ditemukan 10 jenis Zingiber yang ada di Sumatera Barat. Dari hasi penelitian ini ditemukan 2 jenis Zingiber yang belum teridentifikasi sampai tingkat spesies yaitu Zingiber cf. loerzingii dan Zingiber sp1. Pada saat survey ke lapangan, peneliti juga menemukan 2 jenis Zingiber tidak teridentifikasi. Selain karakter morfologi, dibutuhkan karakter pendukung untuk mengklarifikasikan status taksonomi jenis Zingiber yang masih belum jelas dan diragukan. Pada penelitian kali ini karakter pendukung yang digunakan yaitu penanda molekuler ITS dan MatK. Sampel dikoleksi di beberapa lokasi. Penelitian ini menggunakan metode survey dan deskriptif. Isolasi DNA menggunakan metode sesuai dengan prosedur kit isolasi dan untuk sekuensing DNA produk PCR dikirim ke laboratorium 1st Base Sequencing Services di Selangor, Malaysia. Adapun hasil penelitian ini adalah hubungan kekerabatan Zingiber berdasarkan kedua penanda adalah Zingiber sp1, Z. album, Zingiber sp2, Zingiber sp3 berada pada kluster I (section Zingiber) sedangkan Zingiber cf. loerzingii dan Z. loerzingii berada pada kluster II (section Cryptanthium). Klarifikasi status taksonomi menghasilkan bahwa Zingiber sp1 dan Zingiber sp3 diduga sebagai spesies baru dan Zingiber sp2 memiliki kecenderungan sebagai spesies yang berbeda dengan Zingiber lainnya serta Zingiber cf. loerzingii memiliki kecendrungan sebagai subspecies dari Z. loerzingii.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr Nurainas
Uncontrolled Keywords: Zingiber, hubungan kekerabatan, klarifikasi, ITS, MatK
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:13
Last Modified: 20 Oct 2022 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114973

Actions (login required)

View Item View Item