Isolasi dan skrining Bakteri Endofit dari Tanaman Endemik Papua Labu Koteka Langenaria siceraria (Molina) Standl sebagai agen Antijamur terhadap Candida albicans

Moom, Apriana Sriberti (2022) Isolasi dan skrining Bakteri Endofit dari Tanaman Endemik Papua Labu Koteka Langenaria siceraria (Molina) Standl sebagai agen Antijamur terhadap Candida albicans. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
Kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text
SKRIPSI S1 APRIANA S MOOM (1711019004) (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Labu Koteka Langenaria siceraria (Molina) Standl adalah tanaman endemik Papua yang digunakan pada masyarakat suku Dani sebagai pakaian tradisional kaum pria. Selain itu, labu koteka dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan demam tipoid. Bakteri endofit merupakan bakteri yang hidup pada jaringan tumbuhan tanpa menyebabkan penyakit dan mengandung senyawa metabolit sekunder yang sama dengan tanaman inangnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh isolat bakteri endofit yang berpotensial sebagai antijamur terhadap Candida albicans dan mengetahui komponen senyawa metabolit sekunder. Tahapan dari penelitian terdiri atas eksplorasi bakteri endofit dari labu koteka, skrining isolat bakteri endofit, fermentasi bakteri endofit dengan menggunakan molase sebagai sumber karbon dengan konsentrasi 1%, 5%, dan 10%, uji aktivitas antijamur terhadap C. albicans secara difusi cakram, dan identifikasi senyawa metabolit sekunder dari bakteri potensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua isolat bakteri endofit yang berpotensial sebagai antijamur yaitu isolat bakteri-1 dan isolat bakteri-4 dengan diameter zona hambat rata-rata 14 mm dan 12,89 mm. Komponen senyawa metabolit sekunder pada isolat bakteri-1 yaitu alkaloid, saponin, dan antraquinon. Sedangkan isolat bakteri-4 mengandung alkaloid, terpenoid dan antraquinon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:11
Last Modified: 19 Oct 2022 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114967

Actions (login required)

View Item View Item