PERBANDINGAN PENDETEKSIAN TEPI CITRA CT SIMULATOR PASIEN KANKER PARU-PARU DENGAN METODE ROBERT, SOBEL, PREWITT, CANNY DAN FUZZY

Hamzah, Arman Husni (2022) PERBANDINGAN PENDETEKSIAN TEPI CITRA CT SIMULATOR PASIEN KANKER PARU-PARU DENGAN METODE ROBERT, SOBEL, PREWITT, CANNY DAN FUZZY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (905kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (811kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tingginya kasus kanker paru-paru di Indonesia menyebabkan banyak kasus kematian. Salah satu solusi untuk menangani permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan pemeriksaan dengan CT Scan atau CT Simulator yang hasilnya berupa citra. Citra perlu diolah untuk melihat batasan antara kanker paru-paru yang jelas agar dilakukan penanganan yang tepat dan terarah. Penentuan batasan kanker pada penelitian telah dilakukan dengan pendeteksian tepi citra CT Simulator menggunakan metode Robert, Sobel, Prewitt, Canny dan fuzzy. Metode fuzzy yang digunakan divariasikan menjadi empat jenis berdasarkan perbedaan aturan fuzzy input dan fuzzy output. Pendeteksian tepi bertujuan untuk mengetahui batasan dari kanker serta mengetahui metode terbaik dalam pendeteksian tepi berdasarkan analisis dari nilai rata-rata citra, kontras, Mean Square Error (MSE) dan Peak Signal Noise to Ratio (PSNR). Penelitian ini dilakukan dengan merancang suatu aplikasi yang dibuat dengan MATLAB R2017. Terdapat lima citra dari pasien kanker paru-paru yang diuji dengan tahapan pendeteksian tepi pada citra asli dan pendeteksian tepi pada citra yang diperbaiki kontrasnya. Pendeteksian tepi pada citra asli dengan menggunakan metode Robert, Sobel, Prewitt, Canny dan fuzzy belum mampu memperlihatkan batasan kanker, sedangkan pendeteksian tepi menggunakan metode Canny dapat memperlihatkan batasan kanker walaupun masih terdapat banyak gangguan (artifact) pada citra. Oleh karena itu, maka dilakukan perbaikan kontras untuk menampilkan tepi yang lebih jelas. Hasil pendeteksian tepi terbaik yang sesuai dengan pendapat dokter ditunjukkan dengan nilai MSE tertinggi dan PSNR yang terendah pada citra yang telah diperbaiki kontrasnya. Hasil yang diperoleh yaitu dengan menggunakan metode fuzzy yang memiliki nilai rata-rata MSE yaitu 38322,1394 dan PSNR yaitu 2,3104 dB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rico Adrial, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Citra, fuzzy, MSE, Pendeteksian tepi, PSNR
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:09
Last Modified: 19 Oct 2022 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114966

Actions (login required)

View Item View Item