Pengaruh penggunaan campuran limbah umbi ubi kayu dan limbah pembuatan tempe yang difermentasi dengan probio-7 dalam ransum terhadap performa karkas broiler.

Muhammad, Andika Syafri (2022) Pengaruh penggunaan campuran limbah umbi ubi kayu dan limbah pembuatan tempe yang difermentasi dengan probio-7 dalam ransum terhadap performa karkas broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (I Pendahuluan)
I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN LIMBAH UMBI UBI KAYU DAN LIMBAH PEMBUATAN TEMPE YANG DIFERMENTASI DENGAN PROBIO-7 DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS BROILER Muhammad Andika Syafri1, Nuraini2, dan Ade Djulardi2 1Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, email: andika601133@gmail.com 2 Dosen Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang ABSTRAK Fermentasi campuran limbah umbi ubi kayu dan limbah pembuatan tempe dengan Probio-7 dapat meningkatkan protein dan menurunkan serat kasar yang diharapkan dapat meningkatkan penggunannya dalam ransum dan memberikan pengaruh yang baik terhadap perfoma karkas broiler. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan batasan level penggunaan optimum dan mempelajari pengaruh penggunaan campuran limbah umbi ubi kayu dan limbah pembuatan tempe yang difermentasi dengan mikroorganisme dalam Probio-7 dalam ransum terhadap performa karkas broiler. Sebanyak 80 ekor DOC broiler starin MB 202 diberi ransum perlakuan dari umur 3 minggu sampai dengan umur 6 minggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan, Perlakuan adalah level pemberian campuran limbah umbi ubi kayu (LUUK) dan limbah pembuatan tempe (LPT) dengan Probio-7 yang berbeda dalam ransum: A (0% LUUKLPTF), B (25% LUUKLPTF), C (30% LUUKLPTF), D (35% LUUKLPTF), E (40% LUUKLPTF). Parameter yang diukur adalah bobot hidup (g/ekor), persentase karkas, dan persentase lemak abdomen. Hasil analisis sidik ragam menunjukan bahwa penggunaan campuran LUUKLPTF dengan Probio-7 dalam ransum memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup, presentase karkas dan memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap presentase lemak abdomen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan campuran limbah umbi ubi kayu dan limbah pembuatan tempe yang difermentasi dengan Probio-7 dapat digunakan sampai level 35% dalam ransum broiler dan dapat mempertahankan performa karkas broiler. Pada kondisi ini diperoleh bobot hidup broiler 1832,69 g/ekor, karkas 71,96%, dan lemak abdomen 0,85%. KATA KUNCI: broiler, fermentasi dengan Probio-7, limbah pembuatan tempe, limbah umbi ubi kayu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:53
Last Modified: 18 Oct 2022 04:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114897

Actions (login required)

View Item View Item