HUBUNGAN SPIRITUALITAS DENGAN KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI POLIKLINIK VOLUNTARY COUNSELING TESTING (VCT) RSUP R.M.DJAMIL PADANG

SHOBRAN, JAMIL AGUS (2014) HUBUNGAN SPIRITUALITAS DENGAN KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI POLIKLINIK VOLUNTARY COUNSELING TESTING (VCT) RSUP R.M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201501261614th_skripsi full ok - copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Faktor penularan HIV/AIDS yang merupakan perilaku menyimpang menyebabkan ODHA mendapatkan stigma dan diskriminasi dari masyarakat yang mempengaruhi kualitas hidup ODHA. Sipiritual merupakan bagian dari kualitas hidup berada dalam domain kapasitas diri yang terdiri dari nilai-nilai, standar personal dan kepercayan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan sipiritualitas dengan kualitas hidup ODHA (orang dengan HIV/AIDS). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan teknik sampling purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Penelitian dilakukan Poliklinik VCT RSUP. DR.M.Djamil Padang pada tanggal 16 mei sampai 4 juni 2014 dengan 103 sampel. Hasil penelitian pada analisa univariat didapatkan 88 (85,4%) responden dengan sipiritualitas baik dan 72 (69,9%) responden dengan kualitas hidup baik. Pada analisa bivariat menggunakan tabel silang dengan uji chi square. Terdapat hubungan bermakna antara sipiritualitas dengan kualitas hidup ODHA (P=0,037). Dengan adanya konseling spiritual diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup ODHA (orang dengan HIV/AIDS). Kata kunci : HIV/AIDS, Sipiritualitas, dan kualitas Hidup DaftarPustaka : 39(2000-2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:23
Last Modified: 25 Jun 2016 06:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item