Kajian Penilaian Kinerja Bangunan Sungai Berdasarkan Surat Edaran Dirjen SDA NO.05/SE/D/2016 (Studi Kasus Kanal Banjir Kota Padang)

MilaNia, MilaNia (2022) Kajian Penilaian Kinerja Bangunan Sungai Berdasarkan Surat Edaran Dirjen SDA NO.05/SE/D/2016 (Studi Kasus Kanal Banjir Kota Padang). Masters thesis, Magister Teknik Sipil.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text (BAB Akhir)
3. Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tesis PDF Lengkap Milania.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tanggul banjir/revetmen mempunyai potensi terjadinya perubahan fisik dan perubahan fungsi akibat debit aliran dan umur rencana. Untuk menghindari terjadinya penurunan fungsi dan resiko terjadinya bencana pada tanggul banjir perlu dilakukan kegiatan evaluasi/pemeriksaan kondisi fisik bangunan dalam penentuan kinerja fisik. Studi ini berlokasi di Kanal Banjir Kota Padang dengan tanggul banjir/revetmen tipe tembok pasangan batu kali yang disiar. Kanal Banjir dibagi dalam 67 titik Patok atau 67 segmen dari pintu air Lubuk Begalung hingga Muara Purus. Jarak antar patok/segmen ditentukan per 100 m. selanjutnya untuk mengetahui penilaian kinerja Kanal Banjir dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantittatif. Setiap segmen dinilai kondisi fisik dan kondisi fungsi sungai. Penilaian kinerja kanal/sungai dikategorikan dalam 4 kategori yaitu sangat baik, cukup baik, sedang dan jelek merujuk kepada Surat Edaran Dirjen SDA No. 05/SE/D/2016. Sedangkan penilaian kerusakan berdasarkan nilai kuantitatif, yakni dengan cara mengukur luas yang rusak dari tanggul dan luas penampang sungai. Hasil dari perhitungan secara kuantitatif diperoleh nilai kinerja Kanal Banjir untuk kondisi fisik sangat baik sebesar 59.7%, kondisi cukup baik sebesar 22.4%, kondisi sedang sebesar 17.9%. Sedangkan kondisi fungsi dari banjir kanal dominan lebih dari 70% atau kinerja sangat baik. Untuk kinerja sangat baik dengan tindakan pemeliharaan preventif (rutin).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 15 Oct 2022 07:58
Last Modified: 15 Oct 2022 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114709

Actions (login required)

View Item View Item