Muhammad, Fajra (2014) ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM KENDALI FREKUENSI PADA SISTEM TENAGA DENGAN METODE LQR DAN LQRy. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Universitas Andalas)
201411061247th_laporan tugas akhir muhammad fajra teknik elektro 1010952042.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada penelitian ini dilakukan simulasi perancangan sistem kendali frekuensi (LFC) pada sistem tenaga listrik dengan metoda LQR dan LQRy. Pada Simulasi ini menggunakan perangkat lunak MATLAB 2014a. Nilai pembobotan seperti yang ditemukan dalam sistem LFC, pembobotan Q dan R pada metoda LQR dan LQRy digunakan untuk menganalisis kestabilan dinamik. Dari hasil simulasi diperoleh analisa performansi sistem dalam domain waktu dan performansi sistem dalam domain frekuensi. Untuk performansi sistem domain waktu, sistem kendali Load Frequency Control (LFC) dengan metoda LQR memperoleh nilai kesalahan keadaan mantap yaitu sebesar 0.0067259 untuk model non reheat, 0.020209 untuk model reheat, 0.021711 untuk model hidrolik dan nilai Settling time (Ts) lebih cepat yaitu 0.5814 detik untuk model non reheat, 1.5951 detik untuk model reheat, 1.8436 detik untuk model hidrolik. Untuk performansi sistem domain waktu, sistem kendali Load Frequency Control (LFC) dengan metoda LQRy memperoleh nilai kesalahan keadaan mantap yaitu sebesar 0.0062705 untuk model Non Reheat, 0.0031553 untuk model Reheat, 0.0031553 untuk model Hidrolik dan nilai Settling time (Ts) lebih cepat yaitu 0.2162 detik untuk model non reheat, 0.1198 detik untuk model reheat, 0.0731 detik untuk model hidrolik. Untuk performansi dalam domain frekuensi, sistem kendali Load Frequency Control (LFC) dengan metoda LQR yang meliputi lebar pita (bandwidth), memperoleh nilai yaitu 16.035 rad/detik untuk model Non Reheat, 7.0132 rad/detik untuk model Reheat, 6.5429 rad/detik untuk model Hidrolik. Untuk performansi dalam domain frekuensi, sistem kendali Load Frequency Control (LFC) dengan metoda LQRy Optimal yang meliputi lebar pita (bandwidth), memperoleh nilai yaitu 16.075 rad/detik untuk model Non Reheat, 31.689 rad/detik untuk model Reheat, 52.729 rad/detik untuk model Hidrolik. Sistem kendali Load Frequency Control (LFC) dengan metoda LQR dan LQRy Optimal bersifat kokoh (robust) terhadap gangguan, mampu meredam derau pada frekuensi tinggi dan mempunyai tanggapan yang cepat terhadap masukan tertentu. Kata kunci : kontrol optimal, Linear quadratic regulator (LQR), sistem kendali frekuensi, LQRy
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Elektro |
Depositing User: | Mr Iswadi S Nupin |
Date Deposited: | 25 Jun 2016 06:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2016 06:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11470 |
Actions (login required)
View Item |