Kajian Sifat Fisika Tanah Pada Beberapa Kelas Lereng Pada Lahan Yang Ditanam Ubi Kayu (Manihot utilisima) di Nagari Koto Tangah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota

Jostin, Alfadison (2022) Kajian Sifat Fisika Tanah Pada Beberapa Kelas Lereng Pada Lahan Yang Ditanam Ubi Kayu (Manihot utilisima) di Nagari Koto Tangah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK JOSTIN.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I JOSTIN.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
Bab V JOSTIN.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA JOSTIN.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL INTAN)
skripsi full text Jostin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Ubi kayu merupakan salah satu tanaman yang cukup luas diusahakan petani pada berbagai kelas lereng di Nagari Koto Tangah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisika tanah pada beberapa kelas lereng di lahan yang ditanami ubi kayu (Manihot Utilisma) serta hutan pinus dan tegalan sebagai pembanding di Nagari Koto Tangah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini meggunakan metode survei, pengambilan sampel tanah dilakukan secara purposive sampling berdasarkan kelas lereng (0-8%, 8-15%, 15-25%, dan 25-45%) Sampel tanah juga diambil di hutan pinus dan tegalan sebagai pembanding dengan kedalaman 0-30 cm. Parameter yang dianalisis yaitu tekstur, bahan organik, berat volume, total ruang pori dan stabilitas agregat tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas tekstur termasuk liat dan lempung berliat, kandungan bahan organik menurun dari 5,43 % menjadi 1,05 %, BV meningkat 0,78 g/cm3 menjadi 1,07 g/cm3, TRP menurun dari 69,34 menjadi 58,81, permeabilitas tanah menurun dari 18,26 menjadi 3,87 cm/j, stabilitas agregat tanah menurun dari 46,19 % menjadi 37,13 % dengan peningkatan kelas lereng dari 0-8% ke 25-45% pada lahan yang ditanami ubi kayu. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan sifat fisika tanah dengan adanya peningkatan kelas lereng. Akan tetapi, jika dibandingan dengan nilai sifat fisika tanah lahan hutan pinus dan tegalan, maka sifat fisika tanah lahan ubi kayu rata-rata lebih baik dari keduanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:52
Last Modified: 17 Oct 2022 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114623

Actions (login required)

View Item View Item