SEJARAH PERTAMBANGAN BATUKAPUR PT BAKAPINDO DI NAGARI KAMANG MUDIAK, KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT TAHUN 1981-2020

Ridwan, Handesco (2022) SEJARAH PERTAMBANGAN BATUKAPUR PT BAKAPINDO DI NAGARI KAMANG MUDIAK, KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT TAHUN 1981-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan ABstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Skripsi Full)
1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Pertambangan Batu Kapur PT.Bakapindo di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam Sumatera Barat Tahun 1981-2020.” dan bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah awal mula terbentuknya PT.Bakapindo serta dampak yang dihasilkan sejak berdirinya perusahaan yang berada di Jorong Durian Kenagarian Kamang Mudiak. Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Tahap awal penelitian ini dengan mengumpulkan sumber heuristik berupa dokumen, arsip pribadi, sumber-sumber data PT.Bakapindo dan wawancara. Tahap selanjutnya dilakukan kritik sumber dan menginterpretasi data. PT.Bakapindo didirikan pada tahun 1995, dengan nama perusahaan sebelumnya yaitu CV.Bukit Raya yang berdiri pada tahun 1981. Peralihan nama menjadi PT. Bakapindo guna memperluas lahan dan memperbanyak produksi penambangan. PT.Bakapindo adalah perusahaan yang bergerak pada bidang penambangan batu kapur. Adapun produk yang dihasilkan oleh PT.Bakapindo yaitu dolomite, lime stone, kapur tohor, CaCO3 dan LCM. Dampak yang diberikan barupa pengurangan jumlah pengangguran dan peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu penambangan yang dilakukan juga berdampak pada kerusakan lingkungan. Penanggualangan yang dilakukan oleh PT.Bakapindo yaitu reklamasi, berupa perbaikan lahan pasca tambang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Midawati, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: PT.Bakapindo, Penambangan, Batu Kapur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:49
Last Modified: 18 Oct 2022 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114579

Actions (login required)

View Item View Item