PENGARUH pH DAN SUHU REAKSI TERHADAP STRUKTUR DAN KARAKTER NANOKOMPOSIT NiFe2O4/HIDROKSIAPATIT : YANG DISINTESIS MELALUI PENDEKATAN GREEN SYNTHESIS

Pratiwi, Aesyah Fadhilah (2022) PENGARUH pH DAN SUHU REAKSI TERHADAP STRUKTUR DAN KARAKTER NANOKOMPOSIT NiFe2O4/HIDROKSIAPATIT : YANG DISINTESIS MELALUI PENDEKATAN GREEN SYNTHESIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Spinel NiFe2O4 telah menarik perhatian karena sifat magnetnya yang spesifik dan telah diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti telekomunikasi, bidang medis, dan elektronik. Karena sifat magnetnya yang kuat, NiFe2O4 dikombinasikan dengan hidroksiapatit dalam aplikasi sebagai drug delivery dan menghasilkan material yang lebih stabil. Pada penelitian ini telah dilakukan sintesis nanokomposit NiFe2O4/HAp menggunakan cangkang kerang pensi sebagai sumber kalsium dan ekstrak daun gambir sebagai capping agent dengan metode hidrotermal. Hasil sintesis nanokomposit dikarakterisasi dengan XRD, FTIR, DRS UV-Vis, SEM-EDS dan VSM. Pola difraktogram dari NiFe2O4 dan hidroksiapatit menunjukkan puncak yang sesuai dengan puncak standar ICSD #28108 dan JCPDS #74-0566. Analisis FTIR menunjukkan pita serapan pada bilangan gelombang 424 cm-1 pada subkisi oktahedral dan 545 cm-1 pada subkisi tetrahedral dalam spinel ferit. Analisis DRS UV-Vis menunjukkan nilai energi celah pita dari nanokomposit NiFe2O4/HAp dengan variasi pH (11, 12, 13) dan variasi suhu kalsinasi untuk pH 12 (600, 700, 800) berkisar 1,38 – 1,66 eV dan memiliki kemampuan menyerap energi pada daerah sinar tampak. Hasil karakterisasi SEM-EDS menunjukkan morfologi nanokomposit NiFe2O4/HAp dalam bentuk beragam dengan kandungan Ca, O, Fe dan Ni yang mendominasi. Nanokomposit NiFe2O4/HAp memiliki sifat soft feromagnetik yang telah dibuktikan dengan karakterisasi VSM. Nanokomposit NiFe2O4/HAp dengan pH 13 dan suhu kalsinasi 800 adalah kondisi yang baik untuk diaplikasikan pada sistem penghantaran obat (drug delivery) dengan persentase pelepasan obat masing-masing sebesar 76% dan 86,3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Yefrida
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 13 Oct 2022 04:38
Last Modified: 13 Oct 2022 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114550

Actions (login required)

View Item View Item