PERBANDINGAN KEKUATAN TEKAN CAMPURAN GIPSUM TIPE III DAN WHITE PORTLAND CEMENT (WPC) BERBAGAI KONSENTRASI DENGAN GIPSUM TIPE IV

Wirackhul, Ikhsan Satya Nugraha (2022) PERBANDINGAN KEKUATAN TEKAN CAMPURAN GIPSUM TIPE III DAN WHITE PORTLAND CEMENT (WPC) BERBAGAI KONSENTRASI DENGAN GIPSUM TIPE IV. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Gipsum tipe III adalah gipsum yang digunakan sebagai bahan pembuatan model kerja di kedokteran gigi. Penggunaan gipsum harus diimbangi dengan sifat mekanis berupa kekuatan tekan yang baik. Dengan adanya permenkes yang mengatur penyaluran bahan kedokteran gigi menyebabkan gipsum termasuk tipe IV menjadi langka dan lebih mahal. White portland cemen merupakan material yang memiliki sifat seperti gipsum dengan harga yang lebih murah dan mudah didapatkan. Zat aditif pada semen dapat meningkatkan kekuatan tekan campuran gipsum tipe III dan WPC berpotensi memiliki kekuatan tekan setara dengan gipsum tipe IV. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbandingan kekuatan tekan campuran gipsum tipe III dan WPC berbagai konsentrasi dengan gipsum tipe IV. Penelitian ini berjenis eksperimental laboratoris dengan desain post test only control group. Sampel berjumlah 24 sampel berbentuk tabung dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok campuran gipsum tipe III dan WPC 40%, 50%, dan 60, dan gipsum tipe IV 100%. Uji kekuatan tekan dilakukan dengan alat Universal testing machine (UTM). Analisis data dilakukan dengan uji one way anova, dan dilanjutkan uji post hoc lsd. Hasil penelitian menunjukan kekuatan tekan tertinggi adalah campuran gipsum tipe III 40% dan WPC 60%, kekuatan tekan terendah adalah campuran gipsum tipe III 60% dan WPC 40%. Hasil uji Anova menyatakan terdapat perbedaan kekuatan tekan signifikan antara kelompok gipsum tipe IV 100% dibandingkan dengan seluruh kelompok campuran gipsum tipe III dan WPC, kecuali pada kelompok gipsum tipe III 40% dan WPC 60%. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan konsentrasi WPC 60% pada gipsum dapat meningkatkan kekuatan tekan gipsum tipe III hingga mencapai kekuatan tekan gipsum tipe IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Dedi Sumantri, MDSc
Uncontrolled Keywords: kekuatan tekan, gipsum, white portland cement (wpc)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:29
Last Modified: 12 Oct 2022 09:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114535

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item