HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN KARIES GIGI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 7 – 9 TAHUN DI SDN 33 TANJUNG SABAR KOTA PADANG

Aidha, Mestika Amril (2022) HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN KARIES GIGI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 7 – 9 TAHUN DI SDN 33 TANJUNG SABAR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Karies adalah masalah mulut yang umum dialami dan cenderung memiliki angka prevalensi yang tinggi pada semua usia, termasuk anak-anak. Prevalensi karies yang tinggi serta karies yang tidak dirawat dapat mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari, terutama aktivitas makan. Terganggunya aktivitas makan dapat menurunkan nafsu makan anak yang dapat menyebabkan kurangnya konsumsi makanan pada anak dan dalam jangka waktu yang lama akan berdampak buruk terhadap status gizi anak. Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat keparahan karies gigi dengan status gizi pada anak usia 7 – 9 tahun di SDN 33 Tanjung Sabar Kota Padang. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel berjumlah 63 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengukuran tingkat keparahan karies gigi dilakukan dengan menggunakan caries severity index dan status gizi menggunakan indeks IMT/U. Analisis statistik dilakukan dengan uji chi-square. Hasil: Anak yang memiliki tingkat keparahan karies gigi tinggi sebanyak 21 orang (33,3%), sedang 28 orang (44,4%), dan rendah 14 orang (22,2%). Pada status gizi anak, sebanyak 17 orang (27%) berstatus gizi kurang dan 46 orang (73%) gizi baik. Hasil uji statistik menyatakan bahwa terdapat hubungan yang bermakna (p< 0,05) antara tingkat keparahan karies gigi dengan status gizi. Kesimpulan: Anak dengan tingkat keparahan karies tinggi memiliki status gizi yang kurang dan anak dengan tingkat keparahan karies rendah memiliki status gizi yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Sri Ramayanti, MDSc, Sp.KGA
Uncontrolled Keywords: Tingkat Keparahan Karies Gigi, Status Gizi, Indeks CSI, Indeks IMT/U
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:28
Last Modified: 12 Oct 2022 09:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114531

Actions (login required)

View Item View Item