Uji Ekstrak Daun Bellucia pentamera Naudin Sebagai Bioherbisida Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Chromolaena odorata L.

Lidia, Gusvita Nasra (2022) Uji Ekstrak Daun Bellucia pentamera Naudin Sebagai Bioherbisida Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Chromolaena odorata L. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu spesies asing invasif yang dapat menurunkan keanekaragaman ekosistem adalah Bellucia pentamera dari famili Melastomataceae yang mengandung senyawa kimia, yaitu fenol dan flavonoid. Senyawa kimia dapat dimanfaatkan sebagai herbisida yang mampu menghambat pertumbuhan dari tanaman lain seperti tanaman pengganggu salah satunya adalah gulma. Untuk mengurangi dampak yang buruk perlu digunakan bioherbisida yang merupakan senyawa yang berasal dari organisme hidup yang mampu mengendalikan gulma. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2022 di Rumah Kawat, Laboratorium Ekologi Tumbuhan, Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Jurusan Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kosentrasi pemberian ekstrak daun B. pentamera terhadap perkecambah dan pertumbuhan Chromolaena odorata. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan konsentrasi yang digunakan terdiri dari 6 perlakuan yaitu 0%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30% dengan 4 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar konsentrasi ekstrak daun B. pentamera yang diberikan, maka mengakibatkan perkecambahan dan pertumbuhan C. odorata semakin terhambat. Pemberian ekstrak daun B. pentamera memberikan pengaruh nyata terhadap perkecambahan dan pertumbuhan C. odorata. Adapun konsentrasi yang efektif dalam menghambat perkecambahan dan pertumbuhan C. odorata adalah pada pemberian ekstrak 20% dan 25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Solfiyeni
Uncontrolled Keywords: B. pentamera, Bioherbisida, C. odorata, Invasif
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:49
Last Modified: 14 Oct 2022 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114524

Actions (login required)

View Item View Item