ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KERUMUNAN MASSA PERNIKAHAN PUTRI RIZIEQ SHIHAB DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MEDIA ONLINE (Studi Kasus pada Media Online Kompas.com dan Republika.co.id Periode November 2020)

MITA, MAILINI (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KERUMUNAN MASSA PERNIKAHAN PUTRI RIZIEQ SHIHAB DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MEDIA ONLINE (Studi Kasus pada Media Online Kompas.com dan Republika.co.id Periode November 2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
Skripsi Full Mita Mailini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyelenggaraan pernikahan putri Rizieq Shihab di masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu penyebab terjeratnya ia menjadi tersangka dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan. Media-media berlomba untuk memberitakannya. Selain karena acara tersebut diadakan selama masa pandemi Covid-19, Rizieq Shihab sebagai penyelenggara juga seringkali terlibat dalam berbagai peristiwa, sehingga framing media terhadap dirinya menarik untuk dilihat lebih dalam. Subjek penelitian adalah Kompas.com dan Republika.co.id. Kedua media online tersebut memiliki ideologi yang berbeda satu sama lain dalam memuat berita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Paradigma yang digunakan ialah paradigma konstruksionis. Analisis framing Robert N. Entman dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pembingkaian media mengenai pemberitaan kerumunan massa di pernikahan putri Rizieq Shihab. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Kompas.com mengemas pemberitaan tersebut dari sudut pandang yang cenderung negatif. Kompas.com memuat, ada banyak hal yang terdampak dari acara pernikahan ini; mulai dari bertambahnya klaster Covid-19, pencopotan pejabat-pejabat, hingga berefek negatif terhadap lingkungan sekitar. Sedangkan Republika.co.id mengemas pemberitaan tersebut dengan sudut pandang yang cenderung positif serta melakukan pembelaan terhadap Rizieq Shihab. Republika.co.id menilai, acara itu belum tentu menambah klaster Covid-19. Justru, Republika.co.id mengatakan pihak kepolisian melakukan tebang pilih dan tidak adil dalam mengusut kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 selain di pernikahan putri Rizieq Shihab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: Pernikahan putri Rizieq Shihab, Framing, Robert N. Entman
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:29
Last Modified: 24 Oct 2022 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114510

Actions (login required)

View Item View Item