Diversitas Serangga Yang Terperangkap Kantong Semar (Nepenthes) Di Hutan Gunung Kunyit, Taman Nasional Kerinci Seblat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi

Nur, Hikmah (2022) Diversitas Serangga Yang Terperangkap Kantong Semar (Nepenthes) Di Hutan Gunung Kunyit, Taman Nasional Kerinci Seblat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nepenthes adalah tumbuhan berkantong yang merupakan modifikasi dari ujung daun dan berfungsi untuk menjebak serangga. Adanya perbedaan posisi kantong, diperkirakan akan membedakan serangga yang mendiaminya. Salah satu lokasi ditemukan Nepenthes adalah Gunung Kunyit yang termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Serangga yang terperangkap pada kantong Nepenthes dapat dikaji melalui kajian ekologi dan taksonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diversitas serangga yang terjebak pada kantong Nepenthes, mengetahui jenis Nepenthes serta mikrohabitatnya, dan menganalisis hubungan kualitas air kantong Nepenthes dengan kepadatan serangga yang terjebak didalamnya. Penelitian dilaksanakan pada Februari sampai Mei 2022. Penelitian menggunakan metode survei dengan cara pengamatan langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangga yang ditemukan didalam kantong Nepenthes terdiri dari 3 ordo, 7 famili dan 10 spesies. Serangga terbanyak ditemukan jenis Crematogaster sp., (82 individu) dan serangga paling sedikit jenis Sceliphron sp.,dan Dasiops sp., (5 individu). Indeks diversitas serangga pada kantong atas sebesar 1,79 dan kantong bawah sebesar 1,31 sehingga dikategorikan sedang. Di lokasi penelitian ditemukan 3 jenis Nepenthes yaitu N. bongso, N. gymnamphora dan N. inermis pada ketinggian 1.768-1.993 mdpl. Analisis gambaran habitat Nepenthes dihasilkan data bahwa jenis vegetasi yang mendominasi disekitarnya yaitu Syzygium sp. Indeks diversitas tumbuhan di Gunung Kunyit bervariasi antara 1,75-2,1 sehingga di kategorikan sedang. Faktor lingkungan yang paling menentukan keberadaan Nepenthes adalah suhu dan kadar sifat kimia tanah. Kualitas air yang baik ditemukan pada kantong N gymnamphora.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:32
Last Modified: 11 Oct 2022 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114452

Actions (login required)

View Item View Item