PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN USAHA KOPI PADA IKM KINCIU COFFEE ROASTERY

Ahmad, Zaid Al Furqon (2022) PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN USAHA KOPI PADA IKM KINCIU COFFEE ROASTERY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.docx - Published Version

Download (960kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
TA Full Ahmad Zaid.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Produksi kopi di Sumatera Barat mengalami peningkatan produksi sebesar 65,74% dari tahun 2019-2020. Peningkatan produksi kopi membuka peluang bisnis untuk IKM kopi di Sumatera Barat. IKM kopi yang memanfaatkan peluang tersebut salah satunya adalah IKM KINCIU Coffee Roastery. IKM KINCIU Coffee Roastery bergerak di bidang industri olahan kopi kemasan. IKM KINCIU Coffee Roastery memiliki beberapa kendala dalam berbisnis yaitu penjualan yang belum berkembang secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kualitas kemasan yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan harapan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan desain kemasan berdasarkan analisis konseptual variable-variabel pada kemasan menggunakan pendekatan Grounded Theory. Grounded Theory adalah metode penelitian kualitatif yang mengonstruksikan teori dari suatu fenomena berdasarkan fakta dan data yang ada, sehingga teori ini dapat digunakan untuk memperoleh variabel-variabel dan melihat hubungan antar variabel yang diharapkan konsumen terhadap kemasan. Pada penelitian ini terdapat 57 kata kunci yang dikategorikan kedalam 9 variabel yang didasarkallln pada dimensi kualitas yang diperhatikan oleh konsumen pada kemasan suatu produk, yang meliputi kinerja (performance), fitur (features), keandalan (realibility), konformasi (conformance), ketahanan (durability), estetika (aesthetic), kemampulayanan (serviceability), persepsi mutu (perceived quality) serta harga (price) yang dipengaruhi oleh biaya (cost) yang dikeluarkan untuk membuat kemasan. Implementasi dilakukan kedalam bentuk pengembangan desain kemasan dengan tiga alternatif desain, dengan alternatif terpilih adalah alternatif 1. Pengembangan desain alternatif 1 dilakukan hingga berbentuk prototype dengan bahan yang hampir sama. Berdasarkan hasil survei pasar pengembangan ini dan biaya yang dikeluarkan dapat dikatakan logis atau dapat diterima dipasaran dan masih memberikan keuntungan terhadap perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kualitas Produk, Desain Kemasan, Grounded Theory, Kopi
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:18
Last Modified: 25 Oct 2022 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114396

Actions (login required)

View Item View Item