REKRUITMEN PEREMPUAN SEBAGAI TUGAS PENGAMANAN KOTA (Alasan Dan Cara Kerja Perempuan Dalam Bagian Pengawasan dan Pengendalian Penertiban Umum Satpol PP Kota Padang)

SUNDARI, SUNDARI (2014) REKRUITMEN PEREMPUAN SEBAGAI TUGAS PENGAMANAN KOTA (Alasan Dan Cara Kerja Perempuan Dalam Bagian Pengawasan dan Pengendalian Penertiban Umum Satpol PP Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410301429th_skripsi ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan pembangunan dengan mengintegrasikan perempuan telah membuka peluang perempuan untuk bekerja di sektor publik, yaitu pada jasa pengamanan kota Satpol PP Kota Padang. Penerimaan perempuan dimulai pada tahun 2012. Namun, pekerjaan ini rentan dengan kekerasan oleh masyarakat karena menentang pelaksanaan Perda No. 11 Tahun 2005. Oleh sebab itu penelitian ini mengkaji rekruitmen perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum Satpol PP Kota Padang. Penelitian ini dikhususkan kepada orangorang yang berada pada perangkat struktur organisasi Satpol PP Kota Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah mengapa instansi Satpol PP merekruit perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum di Kota Padang?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan alasan instansi Satpol PP merekruit perempuan dan cara kerja perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum Satpol PP di Kota Padang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi serta wawancara mendalam (tidak berstruktur). Teori yang digunakan adalah Teori Feminisme Struktural oleh Miriam Johnson yang memfokuskan pada peran sosial tidak terkait dengan jenis kelamin. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alasan instansi Satpol PP merekruit perempuan adalah untuk menghilangkan pandangan negatif terhadap Satpol PP, mengurangi dan mengendalikan terjadinya kekerasan verbal saat penertiban, mengantisipasi terjadinya kekerasan fisik terhadap perempuan saat penertiban, dan mengantisipasi terjadinya kekerasan fisik terhadap anak saat penertiban. Sedangkan cara kerja perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum Satpol PP di Kota Padang adalah melakukan penyamaran sebelum penertiban, melakukan penangkapan terhadap anak dan perempuan saat penertiban, memberikan negosiasi saat penertiban, membuat dokumentasi saat penertiban dan ikut dalam patroli kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 25 Jun 2016 04:27
Last Modified: 25 Jun 2016 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11436

Actions (login required)

View Item View Item