STRATEGI MAHASISWA DALAM MENJALANI PROSEDUR PENYUSUNAN SKRIPSI (Studi Mahasiswa Pengguna Jasa Pembuatan Skripsi di Kota Padang)

FANI, SRIWAHYUNI (2014) STRATEGI MAHASISWA DALAM MENJALANI PROSEDUR PENYUSUNAN SKRIPSI (Studi Mahasiswa Pengguna Jasa Pembuatan Skripsi di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410301424th_gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)

Abstract

Untuk memperoleh gelar akademik di pendidikan tinggi, mahasiswa diwajibkan menyelesaikan tugas akhir yang berbentuk karya tulis ilmiah (tugas akhir, skripsi, tesis). Karena kurangnya rasa tanggung jawab akademik beberapa mahasiswa melakukan perbuatan yang melanggar aturan dan etika dalam penulisan. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana strategi mahasiswa pengguna jasa pembuatan skripsi dalam menjalani tahap-tahap prosedur penyusunan skripsi? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi yang dilakukan mahasiswa pengguna jasa pembuatan skripsi dalam menjalani tahaptahap prosedur penyusunan skripsi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan adalah Teori tindakan sosial oleh Max Weber, menyatakan bahwa tindakan sosial merupakan tindakan yang memiliki makna serta tindakan tersebut diarahkan kepada orang lain. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh mahasiswa pengguna jasa pembuatan skripsi dapat dilihat pada tahap berikut: Pada tahap pengajuan judul strategi yang dilakukan yaitu mencari judul yang mudah, mengambil judul dari penelitian terdahulu dan meminta judul dengan penyedia jasa pembuatan skripsi. Pada tahap proposal penelitian, strategi yang dilakukan sebelum sidang proposal yaitu menguasai isi proposal, melakukan proses bimbingan secara rutin dan memprediksi pertanyaan yang akan diberi oleh dosen penguji, sedangkan ketika sidang proposal berlangsung strategi yang dilakukan yaitu menjawab pertanyaan dengan percaya diri, dan mengangguk purapura paham. Pada tahap penelitian strategi yang dilakukan yaitu mencari data ke lapangan sendiri dan mencari data ke lapangan dengan penyedia jasa pembuatan skripsi. Pada tahap proses bimbingan, strategi yang dilakukan sebelum bimbingan yaitu memahami isi, belajar dan diskusi dengan penyedia jasa sedangkan saat proses bimbingan berlangsung strategi yang dilakukan yaitu diam bila tidak tahu, merekam dan mencatat masukan dari dosen pembimbing. Sementara saat ujian komprehensif strategi yang dilakukan oleh mahasiswa sebelum ujian yaitu melakukan diskusi dengan penyedia jasa pembuatan skripsi dan memprediksi pertanyaan yang akan diberi oleh dosen penguji serta menyiapkan jawabannya. Sedangkan ketika ujian komprehensif berlangsung strategi yang dilakukannya, menjawab pertanyaan dengan percaya diri berusaha tidak gugup dan strategi yang terakhir yaitu bersikap diam bila tidak tahu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 25 Jun 2016 04:26
Last Modified: 25 Jun 2016 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item