SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS RAWAT JALAN BERBASIS WEB DENGAN FITUR MOBILE DI UPTD KESEHATAN PERHENTIAN LUAS

REFKI INDRA, HEFIANDES (2015) SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS RAWAT JALAN BERBASIS WEB DENGAN FITUR MOBILE DI UPTD KESEHATAN PERHENTIAN LUAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502111233th_sistem informasi rekam medis rawat jalan berbasis web dengan fitur mobile di uptd kesehatan perhentian luas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UPTD Kesehatan Perhentian Luas merupakan Puskesmas yang berada di Kecamatan logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Dalam menjalankan kegiatan hariannya, khususnya pengolahan data medis pasien yang mencakup pendaftaran pasien, pencatatatan data medis pasien selama mendapatkan perawatan dan kegiatan pelaporan masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi permasalahan seperti tidak lengkapnya pencatatan data pasien dan pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu mengatasi permasalahan yang terjadi. Sistem informasi yang dibangun berbasis web yang dilengkapi dengan fitur mobile dan dibangun menggunakan metode pengembangan waterfall yang meliputi analisis, perancangan, implementasi dan pengujian. Tahapan analisis digambarkan dengan menggunakan BPMN dan diagram UML. Perancangan dilakukan dengan merancang database, struktur tabel, class diagram, user interface dan arsitektur aplikasi. Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan konsep pemrograman OOP (Object Oriented Programming), database PostgreSQL dan menggunakan arsitektur MVC (Model – View - Controller) serta menggunakan tampilan jquery easy ui dan jquery mobile. Untuk pengujian sistem menggunakan metode black box testing, baik untuk aplikasi web maupun aplikasi mobile dengan hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat memenuhi persyaratan fungsional yang telah ditetapkan dan menghasilkan keluaran seperti yang diharapkan. Kata kunci : Sistem informasi, rekam medis, UPTD Kesehatan Perhentian Luas, rawat jalan, web, mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 25 Jun 2016 04:26
Last Modified: 25 Jun 2016 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item