KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA BEKERJA DENGAN ANAK YANG BERPRESTASI (STUDI KASUS PADA 4 KELUARGA SISWA DI SMA NEGERI 1 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN)

RIO, ALFIAN (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA BEKERJA DENGAN ANAK YANG BERPRESTASI (STUDI KASUS PADA 4 KELUARGA SISWA DI SMA NEGERI 1 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Thesis full text)
Thesis rio alfian fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan perkembangan mental dan prestasi anak. Saat ini kebanyakan orang tua sama-sama memiliki pekerjaan di luar rumah, sehingga pengasuhan dari orang tua terhadap anak juga mulai berkurang. Meskipun begitu ada sebagian anak dari orang tua bekerja yang tetap berprestasi di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal verbal dan nonverbal antara orang tua bekerja dan anak berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori skema hubungan dalam keluarga. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa orang tua bekerja melakukan komunikasi berupa motivasi, komunikasi dalam memfasilitasi, komunikasi berupa bimbingan dan komunikasi berupa nasehat kepada anak-anak mereka untuk mencapai prestasi. Selain itu juga ditemukan orang tua memaksimalkan penggunaan gadget handphone, memberikan reward, membedakan penggunaan bahasa sehari-hari, dan melakukan pengasuhan langsung kepada anak-anak mereka. Temuan berikutnya yaitu orang tua melakukan komunikasi nonverbal dengan anak berupa bersalaman dan mencium tangan, mencium kening, menatap mata, memegang pundak, merangkul, membelai kepala, memeluk, dan tersenyum.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Orang tua Bekerja, Anak Berprestasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:25
Last Modified: 07 Oct 2022 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114279

Actions (login required)

View Item View Item