PENGEMBANGAN ALAT UKUR KAPASITAS VITAL PARU-PARU DAN FREKUENSI PERNAPASAN MANUSIA BERBASIS SENSOR SERAT OPTIK

mega, Roza Lia (2022) PENGEMBANGAN ALAT UKUR KAPASITAS VITAL PARU-PARU DAN FREKUENSI PERNAPASAN MANUSIA BERBASIS SENSOR SERAT OPTIK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
1. COVER & abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (bab 5 penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (tesis full teks)
TESIS MEGA ROZA LIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan pengembangan alat ukur kapasitas vital paru-paru dan frekuensi pernapasan manusia berbasis sensor serat optik yang sistemnya terdiri dari dioda laser sebagai sumber cahaya, serat optik sebagai pandu gelombang dan OPT101 sebagai fotodetektor. Arduino UNO R3 digunakan sebagai pengolah data dan hasil pengukuran ditampilkan melalui LCD I2C 16x2 karakter. Sensor serat optik mendeteksi hasil pengukuran dengan memanfaatkan tegangan keluaran fotodetektor OPT101. Sinyal masukan analog yang dihasilkan OPT101 diproses oleh mikrokontroler menjadi nilai ADC. Ketika udara dihembuskan maka akan menyebabkan pergerakan membran dan membentuk grafik fluktuasi nilai ADC. Nilai ADC yang mencapai nilai threshold maka diindera sebagai satu kali bernapas sedangkan pengukuran kapasitas vital paru diperoleh berdasarkan jumlah nilai ADC selama pengukuran yang kemudian dikonversi menjadi volume. Pengujian alat ukur dilakukan dengan membandingkan hasil pengukuran alat ukur yang dikembangkan dengan alat ukur standar medis. Hasil pengujian dan analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai akurasi sebesar 92,62% untuk pengukuran kapasitas vital paru-paru, 95,14% untuk pengukuran frekuensi pernapasan dan 92,62% untuk pengukuran frekuensi pernapasan variasi aktivitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Harmadi, M.Si
Uncontrolled Keywords: alat ukur frekuensi pernapasan manusia, alat ukur kapasitas vital paru-paru, dioda laser, OPT101, serat optik.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s2 fisika fisika
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:00
Last Modified: 06 Oct 2022 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114278

Actions (login required)

View Item View Item