Perbandingan Hasil Peramalan Produk Domestik Bruto Nasional Menggunakan Model Sarima dan Fuzzy Time Series Metode Chen dan Cheng

Lolyvich, Richo (2022) Perbandingan Hasil Peramalan Produk Domestik Bruto Nasional Menggunakan Model Sarima dan Fuzzy Time Series Metode Chen dan Cheng. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (860kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peramalan mempunyai peran penting dalam kehidupan. Perkiraan cuaca, penjadwalan staf, perencanaan produksi, saham, dan perkiraan pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan beberapa contoh aplikasi peramalan. Peramalan digunakan untuk memperkirakan berbagai indikator pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut perlu dilakukan karena pertumbuhan ekonomi merupakan hal yang sangat penting diperhatikan setiap negara untuk menghindari terjadinya krisis moneter yang dapat mengganggu seluruh kegiatan di negara tersebut. Salah satu indikator ekonomi yang penting adalah PDB nasional atas dasar harga konstan. Beberapa metode peramalan yang akan dilakukan adalah metode SARIMA dan Fuzzy Time series Chen dan Cheng. Kedua metode ini akan ditentukan hasil peramalannya kemudian dengan memperhatikan nilai MAPE akan diperoleh metode peramalan yang paling tepat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah peramalan data dengan menggunakan Fuzzy Time Series Chen dan Cheng memiliki nilai MAPE yang sama dimana nilainya lebih kecil daripada nilai MAPE metode SARIMA, sehingga FTS Chen dan Cheng merupakan metode terbaik dalam meramalkan data ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:09
Last Modified: 10 Oct 2022 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114220

Actions (login required)

View Item View Item