IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENEGAH : STUDI PADA ANDALAS EDUCATION TOUR

GIOVANNI, JUNIOR DEDY (2015) IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENEGAH : STUDI PADA ANDALAS EDUCATION TOUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502111124th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terus dikembangkan oleh pemerintah Indonesia. UMKM dinilai tangguh dalam menghadapi krisis perekonomian global karena umumnya UMKM memanfaatkan sumber daya lokal, baik sumber daya manusia, bahan baku, modal maupun peralatan. Pertumbuhan UMKM pada kurun waktu tahun 2009-2013 adalah sebesar 2,3 persen per tahun (dikutip dari http://ukm-indonesia.net/). Hingga saat ini, sektor UMKM merupakan pelaku usaha terbesar dari sisi jumlah unit usaha yang mencapai 99 persen dari total pelaku usaha nasional pada 2012. Sebanyak 54,559 unit usaha atau 98,82 persen di antaranya usaha mikro dengan aset maksimal Rp50 juta dan omzet maksimal Rp300 juta per tahun (ekbis.sindonews.com). Namun perkembangan jumlah UMKM yang meningkat belum diimbangi dengan perkembangan kualitas UMKM yang masih menghadapi permasalahan klasik yaitu rendahnya produktifitas. Keadaan ini secara langsung berkaitan dengan: (a) rendahnya kualitas sumber daya manusia khususnya dalam manajemen, organisasi, teknologi, dan pemasaran; (b) lemahnya kompetensi kewirausahaan; (c) terbatasnya kapasitas UMKM untuk meng

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 25 Jun 2016 04:05
Last Modified: 25 Jun 2016 04:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11421

Actions (login required)

View Item View Item