PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DALAM KELOMPOK WANITA TANI (Studi terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT) Nuansa Indah 3, Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang)

Safar, Rais Ardy (2022) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DALAM KELOMPOK WANITA TANI (Studi terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT) Nuansa Indah 3, Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Safar Rais Ardy, 1810812017. Judul Skripsi: Pemberdayaan Perempuan Di Dalam Kelompok Wanita Tani (Studi Terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT) Nuansa Indah 3, Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang). Pembimbing : Dr. Jendrius, M.Si. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan kumpulan wanita yang memiliki aktivitas dibidang pertanian yang tumbuh berdasarkan keakraban, keserasian, serta kesamaan kepentingan dalam memanfaatkan sumberdaya pertanian dan bekerjasama dalam meningkatkan produktivitas usaha tani, potensi anggota tani, dan kesejahteraan anggotanya. KWT Nuansa Indah 3 cukup memberikan manfaat pada anggotanya. Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak dari kegiatan/aktivitas KWT Nuansa Indah 3 terhadap Kemandirian Perempuan. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengidentifikasi akses dan kontrol perempuan terhadap sumber daya dalam kegiatan/aktivitas KWT Nuansa Indah 3, dan mengidentifikasi manfaat dan partisipasi perempuan terhadap kegiatan/aktivitas KWT Nuansa Indah 3. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi dari Anthony Giddens. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah dengan metode kualitatif, yang mana data yang diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan data sekunder. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Unit analisisnya adalah anggota KWT Nuansa Indah 3. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa KWT Nuansa Indah 3 sudah memberikan akses kepada anggotanya terhadap sumber daya yang ada. KWT Nuansa Indah 3 memberikan kontrol atau penguasaan terhadap pengelolaan sumber daya yang ada. Partisipasi dan keterlibatan anggota dalam setiap kegiatan/aktivitas KWT Nuansa Indah 3 terbilang cukup aktif. Terdapat beberapa manfaat yang dirasakan oleh anggota KWT Nuansa Indah 3 yaitu manfaat ekonomi dan manfaat sosial. Kata Kunci : KWT Nuansa Indah 3, Pemberdayaan Perempuan, Kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:01
Last Modified: 07 Oct 2022 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114203

Actions (login required)

View Item View Item