Simulasi Numerik untuk Melihat Kinerja Groin dan Breakwaters sebagai Bangunan Pengaman Pantai di Pantai Ketaping, Padang Pariaman

HARIATAMA, ADEAN (2022) Simulasi Numerik untuk Melihat Kinerja Groin dan Breakwaters sebagai Bangunan Pengaman Pantai di Pantai Ketaping, Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (676kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (723kB)
[img] Text (PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS - ADEAN HARIATAMA -1820922015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang simulasi numerik untuk melihat kinerja groin dan breakwaters sebagai bangunan pengaman pantai di Pantai Ketaping, Padang Pariaman (Sumatera Barat-Indonesia) dengan menggunakan program jadi. Efektivitas bangunan pelindung pantai dapat dilihat dari batimetri yang terbentuk akibat bangunan tersebut. Simulasi dilakukan dengan arah gelombang datang (arah dominan) yaitu dari arah barat di laut dalam. Kondisi pasang diambil pada saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H karena terjadi pasang ekstrim tinggi. Rentang waktu simulasi yang dipilih 5 hari (22 sampai 26 Mei 2020). Dari hasil simulasi selama 5 hari tersebut dapat menunjukkan kinerja bangunan pengaman breakwaters lebih efektif untuk melindungi Pantai Ketaping dari abrasi dengan sedimentasi yang terbentuk dibelakang konstruksi setinggi ±20 sampai 80 cm dari elevasi awal dengan jarak braekwaters dari garis pantai awal ± 100 m. Sedangkan kinerja bangunan pelindung pantai groin hanya efektif menahan sedimen sepanjang konstruksi groin itu sendiri yaitu ± 80 m dari garis pantai awal, dan tinggi sedimen yang terbentuk ± 10 cm sampai 30 cm dari elevasi awal.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: MAS MERA, PhD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:05
Last Modified: 06 Oct 2022 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114196

Actions (login required)

View Item View Item