THE ANALYSIS OF ELLIPTICAL NAUM PHRESE IN THE BOOK ACOMPLETE COLLECTION OF ENGLISH PROVERBS BY USING TRANSFORMATIONAL GENERATIVE GRAMMER

HARYATI, HARYATI (2014) THE ANALYSIS OF ELLIPTICAL NAUM PHRESE IN THE BOOK ACOMPLETE COLLECTION OF ENGLISH PROVERBS BY USING TRANSFORMATIONAL GENERATIVE GRAMMER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502111030th_haryati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menemukan frase nomina yang hilang (missing words) dengan cara membandingkan struktur batin (deep structure) dan struktur lahir (surface structure) dari pribahasa Inggris yang terdapat dalam buku John Ray yang berjudul A Complete Collection of English Proverbs. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Gramatika Trasnformasi Generatif (Transforamtional Generative Grammar) yang dikemukakan oleh Huddleston (1975). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan teknik catat. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Aturan Struktur Frase (Phrase Structure Rules) untuk memisahkan unsur-unsur dari pribahasa. Kemudian, peneliti menggunakan diagram pohon (tree diagram) untuk memunculkan struktur batin dari pribahasa. Setelah itu, peneliti menggunakan Aturan Transformasi (Transformational Rules) untuk melihat proses perubahan struktur batin ke struktur lahir. Selanjutnya data disajikan dengan metode formal dan informal (Sudaryanto, 1993). Setelah dianalisis, peneliti menemukan dua pola frase nomina yaitu: frase nomina sebagian (partial NP) dan frase nomina mutlak (total NP). Frase nomina sebagian sering terjadi dalam frase nomina yang mengandung kata sifat. Sedangkan, frase nomina mutlak sering terjadi dalam pronomina ‘you’. Pemilihan frase nomina berdasarkan beberapa hal, diantaranya: karena adanya pribahasa yang termasuk kedalam jenis kalimat imperatif yang mengharuskan nomina ‘you’ sebagai frase nomina yang hilang, karena adanya pronomina dalam pribahasa yang mengaharuskan frase nomina yang hilang harus berhubungan dengan pronominal tersebut, dan karena adanya kata kerja dalam pribahasa yang mengharuskan frase nomina yang hilang harus berhubungan dengan kata kerja tersebut. Kata kunci: Gramatika transformasi generatif, ellipsis, frase nomina.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 25 Jun 2016 03:53
Last Modified: 25 Jun 2016 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item View Item