KOMPETISI DAN DAYA PREDASI JOINT PREDATOR (Pardosa pseudoannulata Boesenberg & Stand dan Menochilus sexmaculatus Fabricius) PADA BEBERAPA KEPADATAN Nilaparvata lugens Stal

Riza, Wardani Siregar (2022) KOMPETISI DAN DAYA PREDASI JOINT PREDATOR (Pardosa pseudoannulata Boesenberg & Stand dan Menochilus sexmaculatus Fabricius) PADA BEBERAPA KEPADATAN Nilaparvata lugens Stal. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pardosa pseudoannulata dan Menochilus sexmaculatus adalah predator wereng batang coklat atau WBC (Nilaparvata Lugens) di areal persawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepadatan WBC yang berbeda terhadap kompetisi dan daya predasi P. pseudoannulata dan M. sexmaculatus. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama adalah jenis predator (P. pseudoannulata, M. sexmaculatus dan joint predator P. pseudoannulata dan M. sexmaculatus) dan faktor kedua adalah perbedaan kepadatan WBC (0, 30, 50 dan 70 ekor). Perlakuan diulang sebanyak 4 ulangan. Parameter yang diamati yaitu perilaku memangsa dan berkompetisi, daya predasi, fluktuasi daya predasi, pertambahan berat tubuh dan kompetisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara jenis predator dan kepadatan WBC. Daya predasi joint predator lebih tinggi dibandingkan predator tunggal. Daya predasi tertinggi terdapat pada kepadatan 70 ekor WBC (50,0 ekor/hari) dan daya predasi terendah terdapat pada kepadatan 30 ekor (21,6 ekor/hari). Pertambahan berat tubuh predator dipengaruhi oleh jenis predator dan perbedaan kepadatan WBC. Pada saat mencari mangsa, kedua predator telah berkompetisi secara sub lethal, artinya M. sexmaculatus mengeluarkan senyawa kimia untuk bertahan. Kompetisi dimenangkan P. pseudoannulata dan M. sexmaculatus kalah atau mati. Kata kunci: Nilaparvata Lugens, Pardosa pseudoannulata, Menochilus sexmaculatus, daya predasi, kompetisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arneti, MS
Uncontrolled Keywords: Nilaparvata Lugens, Pardosa pseudoannulata, Menochilus sexmaculatus, daya predasi, kompetisi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:48
Last Modified: 06 Oct 2022 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114081

Actions (login required)

View Item View Item