PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PUZZLE LANGKAH-LANGKAH MENCUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN PENYANDANG TUNAGRAHITA DI PANTI SOSIAL BINA GRAHITA HARAPAN IBU PADANG

INDAH, SYARI REZKI SITUMORANG (2015) PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PUZZLE LANGKAH-LANGKAH MENCUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN PENYANDANG TUNAGRAHITA DI PANTI SOSIAL BINA GRAHITA HARAPAN IBU PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201510281632th_skripsi-indah syari rezki-1110321001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit diare sering terjadi di Panti Sosial Binagrahita Harapan Ibu Padang. Salah satu penyebab penularan diare adalah praktik hygiene dasar yaitu mencuci tangan yang tidak diterapkan. Ini dikarenakan kemampuan mencuci tangan anak tunagrahita di Panti Sosial Binagrahita Harapan Ibu Padang masih rendah. Untuk meningkatkan keterampilan anak tunagrahita dalam mengurus diri dibutuhkan metode belajar. Salah satu metode belajar yang dapat diberikan pada anak tuna grahita adalah bermain puzzle. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh proses pembelajaran dengan media puzzle langkah-langkah mencuci tangan terhadap kemampuan mencuci tangan penyandang tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan One Group Pretest- Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 20 orang yang memenuhi kriteria. Intervensi dilakukan dengan bermain puzzle. Waktu penelitian ini berlangsung dari bulan Januari hingga Oktober 2015. Pengumpulan data saat pretest dan postest dilakukan dengan checklist pada lembar observasi latihan mencuci tangan sesuai ketentuan WHO. Analisa data terdiri dari analisis univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang bermakna pada proses pembelajaran menggunakan media puzzle langkah-langkah mencuci tangan terhadap kemampuan mencuci tangan penyandang tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Padang. Disarankan bagi pendidik di Panti Sosil Binagrahita Harapan Ibu Padang untuk melakukan metode bermain puzzle langkah-langkah mencuci tangan dalam mengajarkan keterampilan mencuci tangan pada anak tunagrahita. Kata kunci : Tunagrahita, Puzzle, Cuci Tangan Daftar Pustaka : 30 (2007-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Muqtadirurrijal Muqta
Date Deposited: 05 Feb 2016 07:27
Last Modified: 05 Feb 2016 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item