Pemodelan Ketahanan Hidup Pasien Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) Menggunakan Analisis Regresi Cox Proportional Hazard dengan Pendekatan Bayesian

Rahma, Syofia Putri (2022) Pemodelan Ketahanan Hidup Pasien Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) Menggunakan Analisis Regresi Cox Proportional Hazard dengan Pendekatan Bayesian. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak Syofia Putri R.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan Syofia Putri R.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup Syofia Putri R.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Syofia Putri R.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Syofia Putri R.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue melalui melalui gigitan nyamuk Aedes. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh signifikan dan menentukan nilai hazard ratio dari estimasi parameter signifikan terhadap ketahanan hidup pasien penderita DBD. Analisis yang digunakan adalah analisis survival dengan metode regresi Cox Proportional Hazard (PH). Data yang digunakan merupakan data sekunder mengenai pasien DBD yang dirawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Januari hingga Desember 2018 yang berjumlah 154 data. Estimasi parameter model menggunakan pendekatan Bayesiandengan simulasi Markov Chain Monte Carlo (MCMC) dan data diolah melalui bantuan software WinBUGS. Dari penelitian ini diperoleh estimasi parameter model menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang berpengaruh signifikan terhadap ketahanan hidup pasien penderita DBD yaitu jenis kelamin, kadar trombosit, dan kadar hemoglobin. Untuk variabel jenis kelamin, kadar trombosit, dan kadar hemoglobin diperoleh nilai hazard ratio masing-masing sebesar 0,00042, 0,01597, dan 0,00114.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:48
Last Modified: 03 Oct 2022 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113958

Actions (login required)

View Item View Item