PENGARUH SUHU TERHADAP UMUR SIMPAN BUAH PEPAYA (Carica papaya, L.) PADA BEBERAPA TINGKAT KEMATANGAN

AIDIO, FITRI (2015) PENGARUH SUHU TERHADAP UMUR SIMPAN BUAH PEPAYA (Carica papaya, L.) PADA BEBERAPA TINGKAT KEMATANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201502100951th_pengaruh suhu terhadap umur simpan buah pepaya carica papaya l. pada beberapa tingkat kematangan aidio fitri 1011111019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2014 di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama umur simpan buah pepaya berdasarkan umur petik dengan perlakuan suhu penyimpanan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 3 faktor, faktor pertama yaitu suhu ruang, suhu 10 C, dan suhu 15 o C, faktor kedua hari, faktor ketiga yaitu tingkat kematangan buah pepaya indeks 2, indeks 3, indeks 4 dan indeks 5. Pada rancangan ini yang menjadi kelompok (blok) dalam penyimpanan ruang simpan adalah kelompok 1 : rak I (rak atas), kelompok 2 : rak II (rak tengah), kelompok 3 : rak III (rak bawah). Tahap penelitian diawali dengan pemanenan buah pepaya di kebun petani berdasarkan indeks kematangan, pengangkutan ke laboratorium, pemisahan buah berdasarkan indeks, pengumpulan data, dan analisis akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kematangan buah pepaya indeks 2 pada suhu 10 o C lebih baik digunakan untuk menyimpan buah pepaya, karena suhu 10 o C pepaya dapat disimpan sampai dengan hari ke-16, untuk suhu 15 o C menggunakan indeks kematangan 2 hanya mampu bertahan sampai hari ke-13, pengamatan dengan menggunakan suhu ruang hanya bertahan sampai hari ke-8 untuk tingkat kematangan indeks 2. Perlakuan suhu dan tingkat kematangan buah pepaya pada saat penyimpanan sangat berpengaruh terhadap nilai susut berat, susut volume, susut diameter, kekerasan, kadar air, dan total padatan terlarut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 25 Jun 2016 02:46
Last Modified: 25 Jun 2016 02:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

View Item View Item