KORELASI ANTARA SPEKTRUM FTIR DENGAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack) SECARA KEMOMETRIK

Milenia, Dita (2022) KORELASI ANTARA SPEKTRUM FTIR DENGAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack) SECARA KEMOMETRIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Daun sungkai (Peronema canescens Jack) memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gugus fungsi yang berkontribusi mayor dalam menimbulkan aktivitas antioksidan melalui korelasinya dengan spektrum FTIR dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Sampel daun sungkai diekstraksi dengan pelarut air, etanol 30%, 50%, 70%, dan p.a. Aktivitas antioksidan ditentukan dengan metode 2,2-difenil-1-pikrilhidrazil (DPPH) dan identifikasi gugus fungsi senyawa terekstrak ditentukan menggunakan spektrofotometer Fourier Transform Infra-red (FTIR). Aktivitas antioksidan ekstrak daun sungkai dengan berbagai konsentrasi pelarut menunjukkan nilai aktivitas antioksidan tertinggi pada ekstrak etanol 70% dengan nilai IC50 sebesar 8,852 mg/L. Profil spektrum FTIR ekstrak dengan berbagai konsentrasi menunjukkan sampel memiliki pola spektrum yang mirip. Data absorban gugus fungsi dan nilai IC50 dari ekstrak telah dianalisis untuk mencari korelasinya menggunakan PLS. Hasil analisis PLS menunjukkan bahwa gugus fungsi –OH dan C-O diduga merupakan gugus yang berkontribusi paling tinggi pada aktivitas antioksidan ekstrak daun sungkai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Refilda
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:14
Last Modified: 05 Oct 2022 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113892

Actions (login required)

View Item View Item