Perbaikan Tanah Bekas Tambang Emas melalui Aplikasi Kompos Serasah Karet dan Biochar Tandan Kosong Kelapa Sawit Terhadap Pertumbuhan Bibit Karet (Hevea Brasiliensis Muell. Arg) Klon Pb-260

Febriana, Widia (2022) Perbaikan Tanah Bekas Tambang Emas melalui Aplikasi Kompos Serasah Karet dan Biochar Tandan Kosong Kelapa Sawit Terhadap Pertumbuhan Bibit Karet (Hevea Brasiliensis Muell. Arg) Klon Pb-260. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
Skripsi Full Text Widia Febriana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kerusakan lahan yang ditimbulkan oleh aktivitas pertambangan emas yang utamanya adalah terjadinya pencemaran tanah oleh Merkuri (Hg). Lahan bekas tambang emas merupakan tanah yang memiliki sifat kimia, biologi, dan fisika yang buruk sehingga mengakibatkan tingkat kesuburan tanah menjadi sangat rendah. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos serasah karet dan biochar tandan kosong kelapa sawit sehingga mendapatkan rekomendasi dosis yang terbaik dalam memperbaiki tanah bekas tambang emas terhadap pertumbuhan bibit karet (Hevea brasiliensis Muell. Arg.). Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap dengan 7 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan terdiri dari kompos serasah karet dosis 10 ton/ha dan 20 ton/ ha, biochar tandan kosong kelapa sawit masing-masing dengan dosis 10 ton/ha dan 20 ton/ha, kombinasi kompos serasah karet dan biochar tandan kosong kelapa sawit dosis 10 ton/ha dan 20 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kombinasi kompos serasah karet dan biochar tandan kosong kelapa sawit dosis 20 ton/ha menghasilkan nilai pH tanah 4,85, Al-dd 0,42 cmol/kg, C-organik 0,92%, N-total 0,053%, C/N 11,25, P-tersedia 122,69 ppm, K-dd 0,40 cmol/kg, dan mereduksi merkuri pada tanah sebesar 0,01 ppm. Pertumbuhan tinggi tunas dan jumlah daun bibit karet diperoleh dari pengaplikasian biochar tandan kosong kelapa sawit dengan dosis terbaik yaitu 20 ton/ha. Di samping itu, pemberian perlakuan kompos serasah karet dosis 20 ton/ha mampu menambah lebar daun bibit karet (H. brasiliensis Meull. Arg).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Gusmini, SP. MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:28
Last Modified: 29 Sep 2022 09:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113833

Actions (login required)

View Item View Item