PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG TANAMAN MIANA (Plectranthus scutellarioides [L.]R.Br) DALAM RANSUM TERHADAP PROFIL LIPID SERUM DARAH BROILER

Yola, Gusnanda (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG TANAMAN MIANA (Plectranthus scutellarioides [L.]R.Br) DALAM RANSUM TERHADAP PROFIL LIPID SERUM DARAH BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover and Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB AKHIR KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Skripsi full text)
tugas akhirr.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung tanaman miana (Plectranthus scutellarioides [L.] R.Br) dalam ransum terhadap profil lipid serum darah broiler. Penelitian menggunakan 100 ekor DOC broiler campuran jantan dan betina dari strain Arbor Acres CP-707 dengan masa adaptasi sampai umur 1 minggu, kemudian diberi ransum perlakuan yang mengandung tanaman miana dimulai pada umur 2 minggu sampai umur 5 minggu. Kandang yang digunakan adalah 20 unit kandang box dengan ukuran 60 x 50 x 50 cm, dan masing-masing unit kandang ditempati oleh 5 ekor broiler. Kandang dilengkapi dengan tempat makan dan tempat minum, serta diberi penerangan dan pemanasan menggunakan lampu 60 watt. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan pemberian tepung tanaman miana yang berbeda (0%(A), 5%(B), 7.5%(C), 10%(D), dan 12,5%(E)) dalam ransum. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak empat kali. Parameter yang diamati adalah total kolesterol (mg/dL), total trigliserida (mg/dL), HDL (mg/dL), dan LDL (mg/dL) serum darah broiler. Hasil penelitian menunjukkan pemberian tepung tanaman miana dalam ransum berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kolesterol, trigliserida, HDL, dan LDL serum darah broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pemberian tepung tanaman miana sampai 12,5% dalam ransum broiler dapat menurunkan total kolesterol, trigliserida dan LDL, serta meningkatkan HDL serum darah broiler. Pada kondisi ini diperoleh total kolesterol 139,96 mg/dL, trigliserida 131,48 mg/dL,HDL 57,41 mg/dL, serta LDL 56,26 mg/dL. Kata Kunci :Plectranthus scutellarioides, broiler, kolesterol, trigliserida, HDL, LDL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Maria Endo Mahata, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:12
Last Modified: 29 Sep 2022 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113689

Actions (login required)

View Item View Item