PENGARUH APLIKASI KOMPOS TERHADAP SIFAT FISIKA ULTISOL DI ZONA PERAKARAN DAN LUAR PERAKARAN TANAMAN JAGUNG ( Zea mays. L)

Bima, Prahagia (2022) PENGARUH APLIKASI KOMPOS TERHADAP SIFAT FISIKA ULTISOL DI ZONA PERAKARAN DAN LUAR PERAKARAN TANAMAN JAGUNG ( Zea mays. L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ultisol merupakan salah satu tanah marginal yang mendominasi lahan kering yang memiliki kandungan bahan organik yang rendah. rendahnya sifat fisika pada tanah Ultisol diperlukan penambahan bahan organik untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat fisika tanah pada zona perakaran dan luar perakaran pada pertumbuhan dan produksi tanaman jagung yang disuplai dengan beberapa dosis pupuk organik pada Ultisol. Penelitian ini merupakan percobaan lapangan yang telah dilaksanakan dari bulan Januari hingga Juni 2022 yang bertempat di Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang dan di Laboratorium Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Terdapat 4 perlakuan pada zona perakaran dan luar perakaran yaitu 0 pupuk organik dan 0 NPK sebagai control, 0 pupuk organik dan 1 rekomendasi NPK, 1 rekomendasi pupuk organik dan 0 NPK, dan 1 rekomendasi pupuk organik dan 1 rekomendasi NPK dengan 3 ulangan. Menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Parameter yang dianalisis yaitu berat volume tanah, total ruang pori, bahan organik, permeabilitas tanah, stabilitas agregat. Hasil penelitian terbaik terdapat pada 1 rekomendasi pupuk organik dan 1 rekomendasi NPK pada zona perakaran karena mampu memperbaiki sifat fisika tanah dengan menurunkan nilai berat volume tanah menjadi 1.04 g/cm3, meningkatkan total ruang pori tanah menjadi 59.14 %, meningkatkan bahan organik menjadi 5.08 %, meningkatkan nilai permeabilitas tanah menjadi 0.59 cm/jam, meningkatkan stabilitas agregat menjadi 29.25 % dan pada luar perakaran menurunkan nilai berat volume tanah menjadi 1.10 g/cm3, meningkatkan total ruang pori tanah menjadi 57.35 %, meningkatkan bahan organik menjadi 3.26 %,%, meningkatkan nilai permeabilitas tanah menjadi 0.35 cm/jam, meningkatkan stabilitas agregat menjadi 23.73 %. Untuk tanaman, perlakuan 1 rekomendasi pupuk organik dan 1 rekomendasi NPK memiliki nilai tinggi tanaman tertinggi dengan nilai (289.17 cm) dan hasil panen tertinggi dengan nilai (323.3 g/tanaman) Kata kunci: Jagung, Luar Perakaran , Pupuk Organik, Ultisol, Zona Perakaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Irwan Darfis, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:16
Last Modified: 29 Sep 2022 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113688

Actions (login required)

View Item View Item