PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PEMILIK TOKO OBAT YANG TIDAK MEMILIKI KEAHLIAN DAN KEWENANGAN MELAKUKAN PRAKTIK KEFARMASIAN (Studi di Pengadilan Negeri Klas IA Padang)

YESSY, ALQARI LISANDA (2015) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PEMILIK TOKO OBAT YANG TIDAK MEMILIKI KEAHLIAN DAN KEWENANGAN MELAKUKAN PRAKTIK KEFARMASIAN (Studi di Pengadilan Negeri Klas IA Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601061142th_lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)

Abstract

Seperti kasus yang terjadi di Kota Padang, nama: Sulfaningsih yang merupakan pemilik toko obat sulfa yang beralamat toko obat jalan tarandam 1 petak 1 Padang ditangkap Jum‟at, 22 Maret 2013 jam 15.00 WIB. Pada saat itu dilakukan penggeledahan dari BPOM yang bekerjasama dengan Satpol PP Kota Padang, tersangka terbukti melakukan tindak pidana tidak memilki keahlian dan kewenangan melakukan praktik kefarmasian ia menjual obat keras tanpa izin penjualan, penyimpanan dan pendistribusian obat karena ia hanya memilki izin sebagai pemilik toko obat, dalam penggeledahan itu ditemukan barang bukti berupa 21 jenis obat keras yang kemudian disita olaeh BPOM dan petugas yang berwenang. Pidana yang dijatuhkan adalah denda sebesar Rp 3.000.000,00 subsidair 2 bulan kurungan, dengan berpatokan pada Pasal 198 jo 108 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Penjelasan diatas menerangkan tentang bagaimana maraknya penjualan obat tanpa adanya resep dokter oleh toko obat yang diperjualbelikan secara bebas tanpa adanya pengawasan dan petunjuk dari dokter atau tenaga kesehatan, dikarenakan banyaknya permintaan dari masyarakat dan menggiurkannya keuntungan yang dapat diperoleh oleh toko obat, serta pertanggungjawaban pemilik toko obat terhadap penjualan bebas obat tersebut, oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji dalam bentuk penulisan proposal skripsi yang berjudul “Pertanggungjawaban Pidana Pemilik Toko Obat Yang Tidak Memiliki Keahlian Dan Kewenangan Melakukan Praktik Kefarmasian (Studi di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang).”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 23 Jul 2016 08:39
Last Modified: 23 Jul 2016 08:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item