TEKNIS PEMELIHARAAN DAN PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DI NAGARI MUNGO KECAMATAN LUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

M, FAJRI (2022) TEKNIS PEMELIHARAAN DAN PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DI NAGARI MUNGO KECAMATAN LUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknis pemeliharaan usaha ternak sapi potong dan pendapatan usaha peternakan sapi potong di Nagari Mungo Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode survey dan observasi terhadap 55 peternak sapi potong sebagai responden penelitian, yang ditentukan dengan purposive sampling. Variabel yang diamati adalah aspek teknis (bibit, pakan, perkandangan, tatalaksana pemeliharaan, pengendalian dan penanganan penyakit) dan pendapatan usaha (penerimaan, biaya produksi, pendapatan). Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis aspek teknis usaha ternak sapi potong dan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis pendapatan usaha peternakan sapi potong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bibit ternak dipelihara jenis sapi Simmental. Pakan yang diberikan berupa hijauan dan konsentrat. Konstruksi kandang baik dengan ukuran kandang > 3 m2 per ekor. Tatalaksana pemeliharaan dilakukan secara intensif dan pencegahan penyakit dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang dan ternak serta pemberian obat cacing. Pendapatan rata-rata peternak dalam periode 1 tahun Rp 7.793.383,-/tahun dengan rata-rata penerimaan Rp 16.733.092,-/tahun dan rata-rata biaya produksi Rp 8.939.709,-/tahun. R/C yang didapatkan yaitu 1,8 yang berarti usaha peternakan sapi potong ini menguntungkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Boyon, MP
Uncontrolled Keywords: Sapi Potong, Aspek Teknis Pemeliharaan, Pendapatan Usaha
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:40
Last Modified: 29 Sep 2022 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113565

Actions (login required)

View Item View Item