Perbandingan Kekuatan Tekan Campuran Gipsum Tipe III Daur Ulang dan Portland Composite Cement (PCC) dengan Gipsum Tipe III Pabrikan

Anisa, Permata Ermiyon (2022) Perbandingan Kekuatan Tekan Campuran Gipsum Tipe III Daur Ulang dan Portland Composite Cement (PCC) dengan Gipsum Tipe III Pabrikan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Gipsum tipe III merupakan bahan kedokteran gigi untuk pembuatan model kerja dan studi. Limbah gipsum di tempat pembuangan akhir (TPA) dapat memproduksi gas hidrogen sulfida penyebab hujan asam yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Proses daur ulang dilakukan untuk mengurangi limbah gipsum di TPA. Gipsum tipe III daur ulang memiliki kekuatan tekan lebih rendah dibandingkan dengan gipsum tipe III pabrikan sehingga dilakukan penambahan zat aditif untuk meningkatkan kekuatan tekan gipsum tipe III tersebut. Penambahan zat aditif dapat meningkatkan kekuatan tekan gipsum tipe III daur ulang. Penelitian ini menambahkan portland composite cement (PCC) ke dalam gipsum tipe III daur ulang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbandingan kekuatan tekan campuran gipsum tipe III daur ulang dan PCC dengan gipsum tipe III pabrikan. Penelitian ini adalah eksperimental laboratoris dengan rancangan post-test only control group design. Jumlah sampel sebanyak 20 sampel terbagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelompok gipsum tipe III pabrikan, gipsum tipe III daur ulang, campuran gipsum tipe III daur ulang dan PCC 1%, 3%, dan 5%. Uji kekuatan tekan dilakukan dan data dianalisis dengan uji One Way Anova, dilanjutkan dengan uji Post Hoc Least Significant Difference (LSD). Hasil penelitian menunjukan kekuatan tekan tertinggi pada gipsum tipe III pabrikan dan kekuatan tekan terendah pada gipsum tipe III daur ulang. Uji One Way Anova menghasilkan adanya perbedaan (p<0,05) kekuatan tekan antar kelompok perlakuan. Kesimpulan penelitian ialah penambahan berbagai konsentrasi PCC ke dalam gipsum tipe III daur ulang dapat meningkatkan kekuatan tekan gipsum tipe III daur ulang, meskipun belum mencapai kekuatan tekan gipsum tipe III pabrikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Aria Fransiska, MDSc
Uncontrolled Keywords: gipsum, gipsum daur ulang, kekuatan tekan, portland composite cement (PCC)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:48
Last Modified: 27 Sep 2022 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113522

Actions (login required)

View Item View Item